Pantau Flash
Lexus Boyong LX600 Off Road ke Tokyo Auto Salon 2022
Corona Belum Selesai, Muncul Lagi Virus Baru Bernama Flurona
Ade jadi Korban Begal Saat Tunggu Ibu Belanja di Pasar Cakung
Ahok Kandidat Pemimpin Nusantara
4 Pengeroyok yang Tewaskan Anggota TNI Ditangkap, Penusuknya Masih Buron

Ternyata Ada Terowongan Bawah Tanah Hubungkan Istiqlal dan Gereja Katedral

Headline
Ternyata Ada Terowongan Bawah Tanah Hubungkan Istiqlal dan Gereja Katedral Masjid Istiqlal (Foto: Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Setelah menghabiskan waktu selama 14 bulan proses renovasi dengan mamakan biaya sebesar Rp511 miliar, masjid Istiqlal kini telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi.

"Hari ini masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi, Alhamdullilah," kata Presiden Joko Widodo di kompleks masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Baca juga: Puan Sambangi Masjid Istiqlal, Imam Besar: Kedatangannya Dijeda 2 Adzan

Pada acara peresmian tersebut turut dihadiri juga oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Renovasi masjid Istiqlal ini merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun yang lalu seperti tadi juga sudah disampaikan bapak imam besar dan menelan biaya sebesar Rp511 miliar dari APBN," tutur Presiden.

Renovasi masjid Istiqlal juga meliputi pembangunan terowongan bawah tanah yang menghubungkan Istiqlal dengan Gereja Katedral Jakarta.

"Saya melihat masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi. Landscape-nya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi, lantainya juga saya lihat sudah 3 kali, lebih berkliau," ungkap Presiden.

Baca juga: Masjid Istiqlal Luncurkan Startup Halal Indonesia

Presiden juga memuji tata cahaya kompleks masjid yang dinilainya lebih modern dan indah serta sungai yang membelah Istiqlal juga semakin bersih dan rapi.

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi karena dalam proses renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika dan yang tidak kalah penting tetap memperhatikan kadiah-kaidah cagar budaya bangunan masjid," ujar Presiden menjelaskan.

Presiden Jokowi berpesan kapada Imam Besar Masjid Istiqlal dan Badan Pengelola Masjid agar menjaga masjid Istiqlal dengan baik sehingga tetap indah dan bersih.

"Menjadi tempat yang nyaman bagi umat Muslim untuk menjalankan aktivitas keagamaan dan tidak kalah penting mengembangkan program kegiatan yang kreatif sehingga masjid Istiqlal, semakin ramai makin makmur dan didatangi umat sebanyak-banyaknya," ucap Presiden.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang

Berita Terkait: