Ternyata Menteri PUPR Basuki Sudah Punya KTA PDI Perjuangan

Headline
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (ANTARA/HO-Dokumentasi Kementerian PUPR)Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (ANTARA/HO-Dokumentasi Kementerian PUPR)

Pantau – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sudah menjadi kader PDIP.

Pantas saja Basuki sering terlihat dalam acara internal PDIP, hanya saja publik tidak menerka bahwa Menteri PUPR ini adalah kader PDIP.

“Pak Basuki beliau ber-KTA PDI Perjuangan, beliau menjalankan tugas-tugas membangun koneksitas Indonesia bagi kemajuan Indonesia raya kita,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di Sekolah Partai DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Hasto mengungkap kedekatan Basuki dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah lama. Menurutnya, Megawati-lah yang mengajukan Basuki sebagai menteri sejak pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama.

“Lho dulu awal-awal Pak Basuki, yang mengusulkan Bu Mega. Jadi, menteri yang termasuk pertama pada 2014 yang diusulkan Bu Mega itu Pak Basuki, juga Ibu Retno. Sehingga sejak awal kalau Ibu Mega memilih orang terbaik,” ujarnya.

Lantas, kemana arah politik untuk Basuki, apakah ia direncanakan diusung untuk Pilkada?

“Pilgub nanti, Pak Basuki kan ‘bapak infrastruktur’, kata Pak Jokowi,” jawab Hasto.

Belakangan, Basuki sering terlihat hadir di acara PDIP. Seperti dalam acara haul memperingati Presiden ke-1 RI Sukarno, Senin (20/6/2022) malam.

Basuki juga datang menghadiri acara pembukaan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni