Tokoh Lintas Agama Tiba-tiba Sambangi Vihara Petak Sembilan, Kenapa?

Tokoh Lintas Agama (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti)Tokoh Lintas Agama (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti)

Pantau.com – Perayaan tahun baru Imlek 2018 di Vihara Dharma Bhakti dikejutkan dengan kedatangan para tokoh lintas agama, yakni Penasehat Kepala UK PPIP (Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila) Yudi Latief, Mahfud MD, Romo Benny Susetyo, dan Tri Sutrisno.

Sebelum menggelar konferensi pers, keempatnya terlihat memasuki ruang temu Vihara secara tertutup. Mahfud menjelaskan, pertemuan tersebut tak lepas dari perayaan Imlek, namun ia membantah melakukan ritual.

“Memang kan bukan ritualitas di sini, ya peringatan budaya. Kalau di Indonesia punya budaya pesta panen, budaya mengunjungi kelahiran, budaya hari pahlawan, budaya tirakatan. Gitu aja Imlek itu,” ujar Mahfud di Vihara Dharma Bhakti, Jumat, (16/2/2018).

Sementara itu Yudi Latief mengatakan, kedatangan empat orang tersebut tak terlepas dari komitmen komunitas lintas agama yang digelutinya untuk selalu mendatangi perayaan komunitas agama yang sedang melakukan peringatan hari besar.

“Maksudnya adalah untuk meneguhkan komitmen negara dalam hal bersama tentu saja menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk, untuk memeluk agamanya masing-masing,” ucap Yudi.

Senada dengan keduanya, Tri Sutrisno juga mengingatkan umat beragama agar berlajar dari permasalahan sebelumnya, dimana banyaknya intoleransi antar umat beragama.

“Kemarin kita jadikan pengalaman. Bisa kita masuk dalam era yang lebih baik dari sekarang, jadi jangan mundur,” ujar Tri Sutrisno. 

Tim Pantau
Penulis
Adryan N