Turki Hantam Pos Perbatasan Suriah, 11 Orang Tewas Seketika

Headline
Foto: ilustrasi/pixabayFoto: ilustrasi/pixabay

Pantau – Turki menghantam pos perbatasan sarang Suriah dengan serangan udara. Atas peristiwa ini akibatnya 11 orang tewas seketika.

Dilansir dari AFP, peristiwa itu terjadi pada Selasa (16/17/2022) waktu setempat. Kejadian itu menyusul gejolak semalam antara pasukan Ankara, dan perjuang Kurdi yang menguasai daerah tersebut.

“Sebelas pejuang tewas dalam serangan udara Turki menghantam pos terdepan rezim Suriah… di Dekat perbatasan Turki,” katakata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, tanpa merinci apakah para korban berafiliasi dengan pemerintah Damaskus atau pasukan Kurdi.

Pasukan Demokratik Suriah yang dipimpin Kurdi mengatakan “Pesawat militer Turki telah melakukan 12 serangan udara terhadap posisi tentara Suriah yang dikerahkan di jalur perbatasan barat Kobane,” sebuah kota yang dikuasai Kurdi.

Pasukan rezim Suriah telah dikerahkan di daerah-daerah yang dikendalikan oleh pejuang Kurdi di dekat perbatasan dengan Turki sebagai bagian dari perjanjian yang dimaksudkan untuk membendung serangan lintas perbatasan oleh Ankara yang menargetkan pasukan Kurdi yang dianggapnya sebagai teroris.

Serangan itu menyebabkan banyak “korban”, kata juru bicara SDF Farhad Shami, tanpa menyebutkan berapa banyak.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni