Upaya Dinas Bina Marga DKI Ubah Kawasan Rasuna Said Seperti Thamrin

Headline
Bundaran HI (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)Bundaran HI (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Pantau – Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, pihaknya akan menata Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan seperti kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Menurutnya, penataan ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang masih kerap terjadi di kawasan tersebut.

“Saya kemarin sudah bertemu dengan Dirut PT Adhi Karya untuk membahas besi monorail yang bikin macet. Saya katakan, kita akan kembangkan Rasuna Said menjadi seperti kawasan Thamrin,” ungkap Hari di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Karena itu, Hari meminta agar PT Adhi Karya bisa mengangkat dan mengurus besi sisa dari proyek monorail yang berada di lintasan Light Rapid Transit (LRT). Hal tersebut, lanjutnya, akan dibicarakan untuk dilakukan negosiasi.

“Mudah-mudahan, jika sudah oke, tahun depan bisa kita mulai untuk perencanaannya,” lanjut Hari.

Hari mengatakan, panjang Jalan Rasuna Said sekitar 4,9 kilometer dapat mempengaruhi penataan trotoar di kawasan tersebut yang dua kali lipat panjang jalanannya. Namun demikian, Hari menegaskan, pihaknya saat ini belum sampai pada perencanaan pendanaan terkait penataan kawasan Rasuna Said.

“Yang terpenting, besi bekas monorail itu harus dicabut, kan udah ada LRT. Ngapain lagi ada monorel di situ?,” tegasnya.

Tim Pantau
Reporter
Aditya Andreas
Editor
M. Abdan Muflih
Penulis
Aditya Andreas