Pantau Flash
Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp13.887 per Dolar AS
Eks Presiden Mesir Hosni Mubarak Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun
Akibat Korona, Luhut: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Tertunda
KPAI Bentuk Dewan Etik Dalami Polemik 'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang'
Jihad Islam Palestina Sepakati Gencatan Senjata dengan Israel di Jalur Gaza

UPT: Penebangan Pohon di Monas Tanggung Jawab Dinas Cipta Karya

UPT: Penebangan Pohon di Monas Tanggung Jawab Dinas Cipta Karya Suasana pembangunan Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Senin (20/1/2020). (Foto: Antara/Aprilio Akbar)

Pantau.com - Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Monumen Nasional (Monas) Isa Sanuri mengatakan penebangan pohon-pohon dalam Revitalisasi Monas merupakan tanggung jawab Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta.

"Untuk tanaman sebagian direlokasi ke bagian barat. Ada sih beberapa yang rapuh ditebang. Tapi, kan nanti diganti lagi sama penanaman pohon yang baru. Jumlah, sudah diperhitungkan juga. Untuk yang dipotong tanyakan Dinas Citata," kata Isa Sanuri saat dihubungi, Rabu (22/1/2020).

Baca juga:  DPRD DKI: Anggaran Revitalisasi Monas Berkaitan dengan Agenda Formula E

Menurut Isa, pohon yang sebelumnya di sisi selatan Monas dan memiliki batang yang masih kokoh seperti pohon buah-buahan sudah dipindahkan ke sisi barat.

"Yang layak ditanam kembali, seperti pohon buah ceremai, belimbing, itu ditanam lagi ya wajar karena biasanya pohon buah batangnya kuat," kata Sanuri.

Menurut Isa, relokasi tanaman-tanaman itu sudah dilakukan sejak November 2019 di saat yang sama dirinya baru menjabat jabatan Kepala UPT Monas.

"Pemindahannya sudah dari November, itu pun saya baru mulai kerja di sini (Monas)," ujar Sanuri.

Baca juga: Pro Kontra Pohon Besar di Sekitar Monas

Revitalisasi Monas diketahui saat ini memasuki tahapan revitalisasi pertama di bagian selatan dengan tujuan membangun Plaza Selatan yang berkonsep semi amphiteater. (teater ruang terbuka)

Untuk menghadirkan Plaza Selatan, Dinas Citata DKI dikabarkan memotong sebanyak 190 pohon di kawasan tersebut.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK
Category
Nasional

Berita Terkait: