Usul Nama Ibu Kota Baru ‘Jokowi’, Fadli Zon Disentil Ketua Pansus RUU IKN

Headline
Ketua Pansus RUU IKNKetua Pansus RUU IKN

Pantau.com – Ketua Pansus RUU IKN, Ahmad Doli Kurnia, menanggapi terkait komentar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, yang mengusulkan nama ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) diberi nama ‘Jokowi’.

Fadli Zon menilai nama Nusantara tidak pantas untuk ibu kota baru. Dia pun mengusulkan nama ibu kota baru dengan nama Jokowi, karena ia melihat nama ibu kota Kazakhstan dengan nama presidennya sendiri.


“Saya kira harusnya kemarin pada saat kita membahas kan itu masih kita kosongkan, selama ini kita kosongkan. Nah, kan Pak Fadli Zon dari Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Gerindra kan ikut aktif. Nah, waktu itu sebetulnya kalau memang ada usulan bisa diajukan,” kata Doli kepada wartawan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa, 18 Januari 2022.


Baca juga: Nusantara Dinilai Tak Cocok Jadi Nama Ibu Kota, Fadli Zon: Usul Saya Namai ‘Jokowi’


Politikus Golkar itu menyayangkan soal keterlambatan penyampaian usul nama ibu kota baru tersebut. Seharusnya Fadli memberikan usulan seperti itu melalui Fraksi Partai Gerindra yang selama ini aktif mengikuti rapat pembahasan RUU IKN. Doli pun membeberkan alasan nama kota baru tersebut karena nama Nusantara mewakili seluruh masyarakat dan juga diibaratkan seperti anak yang baru lahir.


“Jadi saya kira penetapan nama Nusantara itu lah yang terbaik. Bahwa kemudian ada orang yang tidak puas, tidak setuju, ya itu biasa saja. Sama dengan, misalnya, loh kok nama anaknya itu, loh kok kan susah kita ini kan,” ujarnya.


Baca juga: Ahok Kandidat Pemimpin Nusantara


Tim Pantau
Editor
abdan
Penulis
M. Abdan Muflih