Pantau Flash
Kanada Identifikasi Kasus Pertama Virus Corona
Persib Bandung Perpanjang Kontrak Omid Nazari Satu Musim
Hafiz/Gloria Rebut Tiket Final Thailand Masters 2020
43 Narapidana Terima Remisi Imlek pada Tahun 2020
Trump Naikkan Tarif Produk Turunan Baja dan Alumunium Beberapa Negara

Usut Pembakaran Bendera Tauhid di Garut, Polisi Amankan Tiga Orang

Headline
Usut Pembakaran Bendera Tauhid di Garut, Polisi Amankan Tiga Orang Pembakaran bendera tauhid oleh oknum Banser. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Polres Garut berhasil mengamankan tiga orang terduga pelaku pembakaran bendera bertuliskan kalimat Tauhid dalam acara peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di Alun-alun Limbangan Garut, Senin, 22 Oktober 2018.

"Diduga bendera HTI, tapi akan kita dalami lagi," jelas Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna di Masjid Agung Kecamatan Limbangan, Senin, 22 Oktober 2018.

Budi mengatakan, selain mengamankan tiga orang, pihaknya tengah mencari satu orang warga yang membawa bendera dalam acara peringatan hari santri tersebut yang akhirnya memicu terjadninya pembakaran.

Budi menjelaskan pihaknya akan melakukan gerak cepat dalam menangani kasus ini. Sebab, informasi yang beredar di masyarakat, bendera yang dibakar adalah bendera tauhid. Jika tak ditangani cepat, menurutnya, bisa saja terjadi perpecahan.

Baca juga: Pantau Video: Geger! Oknum Banser NU Bakar Bendera Tauhid di Hari Santri Nasional

Selain itu, lanjut Budi, pihaknya akan melakukan langkah-langkah penyelidikan. Ketiga orang yang diamankan saat ini telah dimintai klarifikasi soal pembakaran bendera tersebut dan statusnya masih saksi.

Dandim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Aziz mengakui ada potensi konflik sosial di masyarakat dalam menyikapi insiden pembakaran bendera tersebut. Karenanya, ia menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mempercayakan masalah ini kepada penegak hukum.

"Kita harus tumbuhkan kembali jiwa nasionalisme, cinta tanah air, tinggalkan adu domba dan perpecahan," terang Asyraf.

Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Category
Nasional

Berita Terkait: