Viral Tabloid Anies Tersebar di Masjid Malang, PKS: Bukan Kategori Kampanye, Kadang Semangat Para Relawan

Headline
Mardani Ali Sera (Foto: Instagram/mardanialisera)Mardani Ali Sera (Foto: Instagram/mardanialisera)

Pantau – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menanggapi terkait viralnya tabloid Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tersebar di beberapa masjid dan pasar di Malang, Jawa Timur.

Menurutnya, tersebarnya tabloid Anies di daerah Malang bukan termasuk dalam kategori kampanye dan ia menilai itu kemungkinan hanya semangat dari para relawannya saja.

“Belum masuk kategori kampanye. Kadang yang semangat melakukan para relawan,” kata Mardani saat dikonfirmasi pada Kamis (22/9/2022).

Kemudian, ia juga mengingatkan jika penyebaran tabloid seperti itu sebaiknya di ruang privat, bukan di ruang publik, salah satunya di masjid.

Nyebarin tabloid boleh, tapi di ruang privat, jangan di ruang publik. Kalau masjid sebaiknya jangan, sebar via relawan ke rumah-rumah yang mau kan boleh, yang nggak mau jangan,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, sejumlah tabloid memuat berita positif terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beredar di tengah masyarakat. Tabloid ini beredar dari masjid hingga pasar tradisional di Kota Malang, Jawa Timur.

Tabloid ini beredar di salah Masjid Al Amin, Kota Malang pada Jumat (16/9/2022). Tabloid itu bernama KBAnewspaper berisi 12 halaman edisi cetak 28 Ferbuari 2022.

Pada cover tabloid itu terlihat foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Semua konten tabloid itu mengulas cerita positif alias wangi seputar Anies Baswedan.

Tabloid yang sama juga beredar di pasar tradisional. Pedagang pasar setempat, Dina, mengaku menerima tabloid sekitar dua pekan lalu.

Ia menerima dari seorang pria yang tiba-tiba mendatangi dirinya. Pria itu memberikan tabloid dan kemudian pergi tanpa penjelasan apa-apa.

Meski demikian, Dina mengaku senang. Ia merupakan pengagum sosok Anies.

“Senang. Ini kan isinya Pak Anies,” ujarnya kepada wartawan di lokasi, Rabu (21/9/2022).

Tim Pantau
Editor
M. Abdan Muflih