Pantau Flash
Antonio Banderas Umumkan Positif COVID-19 di Hari Ulang Tahunnya
Pemerintah Perpanjang Stimulus Keringanan Listrik hingga Akhir Tahun
Rusia Jadi Negara Pertama di Dunia yang Setujui Vaksin COVID-19
Menteri Budi: Masa Pandemi Ancam Kebangkrutan Industri Penerbangan
Pemotongan Sapi 'Tidak Manusiawi' di Aceh Disorot Media Asing

Volume Kendaraan di Tol Cipali Naik 132 Persen saat Libur Idul Adha

Volume Kendaraan di Tol Cipali Naik 132 Persen saat Libur Idul Adha Ilustrasi lalu lintas. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Pantau.com - Polda Metro Jaya mencatat terjadi peningkatan sebesar 132 persen jumlah kendaraan yang melewati jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) pada Kamis malam, 30 Juli 2020, menjelang Idul Adha 1441H.

"Adanya libur mudik (Idul Adha) menyebabkan arus kendaraan di Tol Cipali (kendaraan menuju Jawa Tengah) meningkat hingga 132 persen bila dibandingkan dengan Kamis (23/7) minggu lalu," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Jumat (31/7/2020).

Kepadatan penggunaan jalan tol, tidak hanya terjadi di Jalan Tol Cipali namun juga di jalan tol mengarah ke Bandung. "Terjadi kenaikan juga sebesar 97 persen kendaraan ke arah Bandung jika dibandingkan dengan Kamis (23/7) minggu lalu," ujar Sambodo.

Baca juga: Doa dari Jayapura untuk Indonesia saat Perayaan Idul Adha 1441 H

Puncak kepadatan penggunaan jalan baik arteri maupun tol akibat mudik Idul Adha 1441H memang sudah diperkirakan oleh Polda Metro Jaya terjadi pada Kamis malam tepat setelah jam pulang kantor.

"Kita perkirakan puncaknya akan terjadi hari ini, malam ini untuk kepadatan lalu lintas," kata Sambodo saat ditemui di Stasiun Juanda, Kamis (30/7).

Sambodo menyiapkan beberapa skema mulai dari penerapan contraflow hingga skema buka tutup rest area dan tempat parkir untuk mengurai kemacetan.

Ia pun menurunkan 734 personel polisi dari Satuan Direktorat Lalu Lintas untuk menjaga situasi mudik libur Idul Adha 1441H sejak Kamis pagi (30/7).

Baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Hari Raya Idul Adha Naik 2.040, Total 108.376

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: