Waduh! PPATK Temukan 176 Lembaga Amal Mirip ACT yang Diduga Selewengkan Dana Umat

Headline
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. ANTARA/HO-PPATK/pri. (ANTARA/HO-PPATK)Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. ANTARA/HO-PPATK/pri. (ANTARA/HO-PPATK)

Pantau – Tercatat sekitar 176 lembaga amal mirip Aksi Cepat Tanggap (ACT) diduga menyelewengkan dana sumbangan. Hal itu terungkap dari pernyataan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transkasi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana.

“Ada 176 entitas lainnya yang diserahkan ke beliau (Mensos) untuk diperdalam selain kasus yang marak saat ini (ACT) ditangani teman-teman Bareskrim,” kata Ivan kepada wartawan di Kemensos, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Ivan mengaku telah menyerahkan dua dokumen kepada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Dikumen itu berisi 176 lembaga amal yang diduga menyimpang.

“Kami nyatakan, ACT ini bukan satu-satunya,” tegas Ivan.

Ivan juga sudah menyerahkan dokumen terkait 176 lembaga ini ke Bareskrim Polri. Ivan berharap Bareskrim melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Rata-rata memang modusnya adalah sama, ya penggunaan dana yang dihimpun publik itu tidak sesuai dengan peruntukan semestinya,” tegas Ivan.

Tim Pantau
Editor
Muhammad Rodhi