Pantau Flash
Lin Dan Putuskan Pensiun
DPR Setujui Anggaran Kemenparekraf 2020 Dipangkas Rp2 Triliun
Bertambah 1.447, Kasus Positif Korona di RI Tembus Angka 62.142 Jiwa
Pertama Kalinya dalam 62 Tahun, Sony Akan Berganti Nama
Kreativitas Jadi Kunci e-Commerce saat Lebaran Selama Pandemi COVID-19

Wanita Ini Ditangkap karena Bobol Rumah Kosong, Bawa Kabur Emas dan Dolar

Wanita Ini Ditangkap karena Bobol Rumah Kosong, Bawa Kabur Emas dan Dolar Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan menangkap perempuan berinisial RY (37) pelaku pembobolan rumah kosong ditinggal penghuni dan mencuri sejumlah perhiasan emas, logam mulia seberat 25 gram serta uang 1.500 dolar Amerika Serikat di wilayah Jagakarsa.

"Awal ditangkap pelaku tidak mengakui perbuatannya, setelah kita lidik dan ditemukan sejumlah barang bukti, pelaku baru mengakui perbuatannya," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya Ghalin, dalam ekspose di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Baca juga: Pangdam Jaya Imbau Netizen Tidak Sebarkan Gambar atau Video Ledakan Monas

Pelaku RY melakukan tindak pidana pencurian dengan cara membobol rumah milik Citra yang berada di daerah Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada tanggal 27 November 2019.

Saat kejadian kondisi rumah sedang kosong ditinggal pergi penghuninya, pelaku masuk lewat pintu belakang, lalu membuka brankas berisi barang berharga milik Sri Maryati (58) ibu dari Citra.

Aksi pelaku terekam kamera pengawas (CCTV) di rumah pemilik, dan kejadian tersebut viral di media sosial hingga wajah pelaku tertangkap oleh kamera pengawas.

Berbekal bukti rekaman CCTV serta keterangan dari pemilik rumah yang jadi korban pencurian, polisi dapat menangkap RY di rumahnya di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur pada tanggal 28 November 2019.

"Syukur Alhamdulillah korban memiliki CCTV sehingga membantu kita. Isi rekaman CCTV pada saat kejadian pelaku beraksi," kata Andi.

Baca juga: Ledakan di Monas Diduga Granat Asap

RY melakukan aksinya siang hari, terlebih dahulu mengintai dan mensurvei rumah yang akan menjadi targetnya. Dari keterangan saksi warga, pelaku sudah terpantau oleh warga sering berada di wilayah tersebut sebelum melakukan pencurian.

Bahkan informasi dari media sosial menyebutkan bahwa pelaku sudah sering melakukan aksi pencurian di beberapa tempat seperti di Pancoran Mas dan Depok.

"Kami juga sudah mengkoordinasikan dengan kepolisian lainnya," kata Andi.

Pembobolan dan pencurian yang dilakukan RY di rumah Citra, membawa kabur satu keping emas logam mulia seberat 25 gram, empat buah cincin perhiasan berbahan perak, dan uang dolar sebesar 1.500 dolar AS, total kerugian korban mencapai Rp100 juta.

Citra, pelapor yang juga korban pencurian mengapresiasi keberhasilan polisi menangkap pelaku pencurian yang membawa kabur perhiasan serta uang dollar milik ibunya.

"Alhamdulillah dari pihak kami sebagai korban untuk respon dari pihak kepolisian secepat ini akhirnya kasus ini lebih cepat terungkap. Alhamdulillah sejauh ini sudah banyak membantu," kata Citra.

Pelaku RY terancam dijerat Pasal 363 KUHP tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan hukuman maksimal tujuh tahun pidana penjara.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: