Pantau Flash
5 Orang Meninggal Korban Longsor di Manado
BNPB Umumkan Korban Meninggal Akibat Gempa Majene Sebanyak 46 Jiwa
Jakarta Catatkan Kasus Baru COVID-19 Terbanyak, Sulawesi Barat Nihil
Leo/Daniel Kalah, Ganda Putra Indonesia Gagal Melaju ke Final Thailand Open
Gempa Bumi Tektoknik Magnitudo 5,2 Terjadi di Sulawesi Utara

Wanita Pembawa Anjing ke Masjid Akan Dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa

Wanita Pembawa Anjing ke Masjid Akan Dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Ibu-ibu berinisial SM. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto (Polri Kramat Jati) Brigjen Pol Musyafak mengatakan pihaknya akan merekomendasikan penyidik untuk memindahkan SM (52) untuk mendapat perawatan di rumah sakit jiwa. SM adalah wanita yang membawa anjing masuk ke dalam masjid dan marah-marah.

"Langkah selanjutnya kita lakukan pengobatan akibat dari gangguan kejiwaannya. Direncanakan nanti dan kami sampaikan ke penyidik untuk bisa kami usulkan ke rumah sakit jiwa," ucap Musyafak di RS Polri Kramat Jati, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Baca juga: Kenapa Polisi Lanjutkan Penyidikan Wanita Pembawa Anjing ke Masjid?

Rekomendasi untuk merujuk SM, sambung Musyafak, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter termasuk beberapa dokter yang sempat menanganinya ketika menjalani perawatan di rumah sakit jiwa (RSJ).

"Informasi terakhir hari ini bisa disimpulkan untuk kami buatkan visum. Karena hasil dari medical record sebelum dari RS Marzuki Mahdi dari dokter yang pernah menangani di sana dengan hasil pemeriksaan kemarin dan hari ini," papar Musyafak. 

Namun, untuk proses merujuk ke rumah sakit jiwa itu harus menunggu persetujuan dari pihak keluarga dari SM. Hanya saja, untuk proses rekomendasi akan dilakukan dalam pekan ini.

"Rencana kami masukan dari dokter psikiater kita kalau tidak hari Kamis atau hari Jumat ya. Kita usul untuk dirujuk di RSJ yang mana di sana barangkali sistemnya sudah lengkap," ungkap Musyafak.

"Kita sarankan yang dekat dengan rumah, yang biasanya kontrol di sana ya. SM sendiri sudah bisa komunikasi," sambungnya. 

Baca juga: Polisi: Ibu-ibu Pembawa Anjing ke Masjid Bisa Dipidana, Jika...

Sebelumnya, beredar video viral seorang ibu mengamuk dan membawa seekor anjing masuk ke dalam masjid. Kejadian itu terjadi pada Minggu siang, 30 Juni 2019.

Wanita berbaju putih dan celana hitam, sambil menggendong anjing masuk ke dalam sebuah masjid di Al Munawaroh Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Dalam video berdurasi sekitar satu menit itu, wanita tersebut nampak berbicara kepada dua pria lawan bicaranya, dengan nada keras. Ia sempat mempertanyakan suaminya yang masuk Islam dan dinikahkan di masjid tersebut.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Reporter
Rizky Adytia Pramana