Pantau Flash
BEM SI Demo di Depan KPK Usai Ultimatum Tak Digubris Jokowi, Ratusan Personel Disiagakan
Senaf Soll, Pecatan TNI AD yang Jadi Pimpinan KKB Meninggal di RS Bhayangkara Jayapura
Tiba di Polda Metro, Luhut Diperiksa Terkait Laporan Terhadap Haris Azhar
Data per 26 September, 48.526.648 Penduduk Indonesia Sudah Dapat Vaksin Dosis Lengkap
Ngeri, IDI Ungkap Kasus Anak Terinfeksi Covid-19 Tertinggi di Jawa Barat

10 Klub Komitmen Ikuti Kompetisi Liga 1 Putri 2019

10 Klub Komitmen Ikuti Kompetisi Liga 1 Putri 2019 Kantor PSSI di Senayan. (Foto: Pantau.com/ Tatang Adhiwidharta)

Pantau.com - Sebanyak 10 klub Liga 1 Indonesia menyatakan komitmennya untuk mengikuti Liga 1 Putri Indonesia 2019 kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (25/7/2019) 10 tim itu adalah Persija, PSM Makassar, Persib Bandung, Tira Persikabo, Bali United, Arema FC, PSIS Semarang, Persipura Jayapura, PSS Sleman dan Persebaya. Para CEO dari klub-klub tersebut pun mengikuti rapat koordinasi di Jakarta pada hari ini.

"Saudara-saudara kita di Asia Tenggara sudah melakukan kick off liga putri, seperti Myanmar, Thailand dan Vietnam. Nantinya di SEA Games dan PON 2020 juga mempertandingkan sepak bola putri. Jika tidak segera kick off, kita hanya akan menjadi penonton tanpa melakukan pembinaan," ujar Pelaksana tugas Ketua PSSI Iwan Budianto dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Duh, Liga Sepakbola Putri U-17 Haram di Aceh!

Iwan pun berharap di musim berikutnya semua atau 18 tim Liga 1 Indonesia dapat berpartisipasi di Liga 1 Putri. Sementara Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menyebut bahwa keberadaan liga putri menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pemain berkualitas yang kelak dapat memperkuat tim nasional putri.

Pengembangan timnas putri dan liga putri menjadi salah satu program yang diwajibkan Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) kepada para anggotanya.

"Pada Kongres FIFA di Paris beberapa bulan lalu, FIFA mencanangkan berbagai macam program khusus untuk anggota-anggotanya yang telah memenuhi dua syarat, yaitu keberadaan tim nasional putri di dua nomor, senior dan usia muda, serta adanya kompetisi," tutur Tisha.

Adapun waktu dan format pelaksanaan Liga 1 Putri Indonesia 2019 masih akan dibicarakan kemudian.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: