Pantau Flash
Pelaku Pelecehan Seksual saat Rapid Test di Bandara Soetta Jadi Tersangka
Ilham Saputra Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Ketua KPU
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem hingga 28 September
Positif COVID-19 Betambah 4.071, Total Menjadi 252.923 Kasus
Pendapatan Negara Turun 13,1 Persen, hingga Agustus Capai Rp1.034,1 T

2 Pembalap Kenamaan Indonesia Rayakan Hari Sumpah Pemuda

2 Pembalap Kenamaan Indonesia Rayakan Hari Sumpah Pemuda Rio Haryanto ketika mentas di ajang Formula One. (Foto: Dok. Manor Racing)

Pantau.com - Hari Senin 28 Oktober 2019, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91. Sebagai hari bersejarah, berbagai cara masyarakat Tanah Air memperingatinya dengan suka cita.

Tak terkecuali sebagai pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, turut merayakan Hari Sumpah Pemuda. Ia mengunggah sebuah potret di sosial media akun Instagram.

Memang sejak 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Peristiwa Sumpah Pemuda diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta) tempo dulu.

Baca juga: Di Hari Sumpah Pemuda, Presiden Jokowi Ajak Pemuda Bersatu Bangun Bangsa


Rio Haryanto yang pernah tampil sebagai orang Indonesia pertama yang mengaspal di ajang balap F1, turut merayakan Sumpah Pemuda. Di potret unggahannya itu, Rio tampak berada di dalam mobil balap.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda," tulis Rio.

View this post on Instagram

Selamat Hari Sumpah Pemuda ✊

A post shared by Rio Haryanto (@rharyantoracing) on



Sosok pria kelahiran Surakarta itu merupakan satu dari sekian banyak pemuda di Indonesia yang mengharumkan nama bangsa. Dimana Rio menjadi pembalap Indonesia pertama yang berkompetisi di Formula 1 dan bergabung dengan Tim Minor Racing MRT.

Baca juga: Kendarai Mobil Ferrari, Ini Target Rio Haryanto di Blancpain GT Asia


Rio tampil sebanyak 12 kali, kemudian digantikan Esteban Ocon. Sebelum berkompetisi di F1, pria berusia 26 tahun itu pernah menjajal GP3 dan GP2.


Sementara itu, pembalap Indonesia lainnya, Sean Gelael yang musim ini berkompetisi di ajang balap F2 juga memperingati hari Sumpah Pemuda. Dalam foto unggahannya, driver Tim PREMA Racing Car itu mengucapkan selamat dengan potret dirinya mengendarai jet daratnya.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda! Untukmu Indonesiaku," tulis Gelael.

Yap, hari Sumpah Pemuda menjadi salah satu cara terbaik bagi para atlet untuk memperingati hari bersejarah. Selain membawa nama baik bangsa di kancah Internasional, olahraga juga bisa menjadi ajang pemersatu bangsa yang sesuai dengan tujuan dari Sumpah Pemuda itu sendri.




Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - RZS

Berita Terkait: