5 Kesalahan Kiper yang Begitu Memalukan, Salah Satunya Jadi Mimpi Buruk

Massimo Taibi. (Foto: The Telegraph)

Pantau.com – Dalam sepakbola kiper merupakan salah satu posisi paling penting. Apabila gawang kebobolan, maka para pendukung akan langsung menyalahkan mereka.

Memang tidak jarang kiper hebat sekalipun suka melakukan kesalahan yang memalukan dalam sebuah pertandingan yang berujung timnya kalah. Namun, tentu itu akan menjadi pengalaman paling memalukan.

Pantau.com merangkum 5 kesalahan paling memalukan yang dilakukan seorang kiper:

1. Massimo Taibi, Manchester United vs Southampton (1999)

Massimo Taibi. (Foto: The Telegraph)

Massimo Taibi merupakan sebuah mimpi buruk. Betapa tidak, tak lama setelah Manchester United memenangi treble, kiper utama Peter Schmeichel akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Old Trafford.

Tentu, ini menjadi sebuah PR bagi Sir Alex Ferguson untuk mencari kiper baru yang sama hebatnya dengan Schmeichel. Kemudian, Ferguson memutuskan untuk merekrut Taibi yang berasal dari Italia. Ferguson terkesan dengan permainannya di Serie A.

Namun, Matt Le Tissier tidak begitu yakin. Bomber Southampton itu melepaskan sebuah tendangan yang sangat keras dari jarak 30 meter. Taibi bersiap menangkap bola, tapi apa yang terjadi? si kulit bundar justru melewati tangan dan kaki Taibi. Dari peristiwa ini, Taibi kerap mendapatkan cap sebagai kiper paling memalukan di sebelum era Milenium dan tentu menjadi mimpi buruk baginya.

2. Claudio Bravo, Manchester City vs Manchester United (2016)

Bravo melakukan blunder di derby Manchester. (Foto: AFP)

Masih soal klub asal Manchester, dalam pertandingan derby. Saat itu, tim besutan Pep Guardiola memimpin dengan skor 2-0 di kandang Manchester United, Old Trafford. Claudio Bravo yang saat itu melakukan debut usai direkrut dari Barcelona, melakukan sebuah kesalahan fatal. Dia gagal menghalau bola sehingga gawang The Citizen kebobolan.

Bravo kembali membuat kesalahan beberapa menit kemudian. Beruntung, pemain belakang Manchester City dengan sigap menghalau bola dan Man City tetap memenangi pertandingan.  
3. Robert Green, Inggris vs Amerika Serikat (2010)

Robert Green lakukan blunder fatal di Piala Dunia 2010. (Foto: Istimewa)

Kiper Timnas Inggris, Robert Green di Piala Dunia 2010 juga mengalami momen yang tidak akan dilupakan sepanjang karirnya. Kala itu, The Three Lions -julukan Timnas Inggris- berhadapan dengan Amerika Serikat.

Inggris sempat memimpin berkat gol Steven Gerrard. Namun, Green membuat sebuah kesalahan yang begitu fatal. Penyerang Amerika Serikat, Clint Dempsey melepaskan sebuah sepakan keras dari luar kotak penalti. Sayangnya bola gagal ditangkap Green dan memaksa skor menjadi imbang 1-1.     

Baca juga: 5 Penyerang Sepakbola Terburuk di Dunia, Ada yang Hanya Besarkan Perut

4. Hassan Bittar, Lebanon vs Turkmenistan (2016)

Hassan Bittar lakukan blunder. (Foto: Istimewa)

Hassan Bittar bukan nama yang populer bagi para penggemar sepakbola. Namun, kiper Lebanon tersebut membuat sebuah kesalahan yang tidak akan dilupakan dan bisa dibilang memalukan. Betapa tidak, Bittar melakukan sebuah kesalahan fatal. Insiden itu terjadi ketika Lebanon bertemu dengan Turkmenistan. 

Berawal dari sebuah umpan sederhana yang dilakukan rekan setimnya, Bittar gagal mengontrol bola. Akibatnya, bola dengan mudah menggetarkan gawang Lebanon.   

5. Ben Foster, Watford vs Tottenham (2007)

Ben Foster hanya melongo ketika melihat sepakan dari Robinson. (Foto: Standard)

Seorang kiper mencetak gol memang sebuah hal yang jarang terjadi. Terkadang, membutuhkan keberuntungan dan kesalahan kiper lawan ketimbang insting dalam menjebol gawang.

Hal itu dirasakan betul oleh Paul Robinson. Kala itu, Robinson yang membela Tottenham Hotspur berhadapan dengan Watford di Premier League musim 2007. Robinson melepaskan sebuah tendangan bebas dari jarak 80 meter. Tanpa diduga bola melewati kepala kiper Watford, Ben Foster dan si kulit bundar masuk ke gawangnya.  

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta