Pantau Flash
Pemprov DKI Gandeng 26 Rumah Sakit Swasta Jadi Rujukan COVID-19
Wali Kota Bandung Minta Warga Waspadai Klaster Keluarga COVID-19
Kota Sukabumi Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat COVID-19
Kasus Baru Positif COVID-19 di Indonesia Hampir 5.000 per 25 September
Pembayaran Klaim Asuransi Terkait COVID-19 Capai Rp216 Miliar

5 Klub Eropa dengan Sponsor Termahal, Barcelona Posisi Akhir

5 Klub Eropa dengan Sponsor Termahal, Barcelona Posisi Akhir Paul Pogba. (Foto: Football5star)

Pantau.com - Sponsor memang menjadi salah satu pemasukan terbesar bagi klub sepakbola saat ini. Sponsor-sponsor itu bisa kalian temukan di jersey yang digunakan para pemain.

Setiap klub sepakbola yang ada di dunia ini saling berlomba-lomba untuk bisa meningkatkan nilai yang tinggi. Karena dengan itu mereka bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para calon investor yang akan mensponsori klub tersebut.

Pantau.com merangkum, sponsor klub sepakbola termahal di Eropa. Berikut adalah lima klub yang mendapatkan suntikan dana besar dari balutan nama yang berada di jersey klub.

1. Real Madrid

Jersey Real Madrid. (Foto: Marca)

Klub satu ini adalah raja nya dengan kontrak sponsor termahal saat ini. Bahkan Real Madrid memegang embel-embel klub terkaya di dunia dengan sponsor yang dimilikinya.

Klub asal Spanyol ini memang sudah disponsori Fly Emirates yang merupakan maskapai asal Uni Emirates Arab. Keduanya bekerjasama sejak tahun 2013, dan perpanjangan kontra kembali terjadi pada tahun 2017.

Pada 2017 hingga 2022 mendatang, Fly Emirates akan menjadi sponsor utama Real Madrid dengan nilai kontrak sebesar 73 juta Euro atau setara dengan Rp1,1 Triliun per musim.

Baca juga: 5 Kontrak Paling Buruk dalam Sejarah Olahraga

2. Manchester United

Jersey Manchester United. (Foto: Sky Sport)

Posisi kedua ditempati oleh tim berjulukan Setan Merah. Pada tahun 2014 Manchester United menandatangani kontrak dengan perusahaan otomotif General Motors untuk menjadi sponsor utama. Chevrolet dipilih dengan nilai kontrak sebesar 70 juta Euro.

Kontrak Man United menjadi yang tertinggi untuk klub Premier League. Kontrak itu sendiri berdurasi selama tujuh tahun terhitung sejak 2014 hingga 2021 mendatang.

3. Chelsea


Chelsea. (Foto: Tire Review)

Chelsea menjadi salah satu pemilik sponsor termahal kedua di Premier League. Klub asal kota London ini disponsori oleh perusahaan ban asal Jepang yakni Yokohama Rubber dengan nilai kontrak sebesar 53 juta euro atau setara dengan Rp845 miliar setiap tahunnya.

Chelsea memang mengantikan sponsor utama sebelumnya yakni Samsung perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut. Durasi kontrak itu sendiri dimulai pada tahun 2015 dan akan berakhir pada 2020 nanti.

4. Paris Saint Germain (PSG)

Jersey PSG untuk musim 2019/2020. (Foto: Marca)

Klub asal Paris ini sukses mengalahkan klub besar lainnya seperti Liverpool atau Juventus dalam urutan kontrak termahal.

PSG menjadi klub Eropa yang memiliki sponsor termahal karena mendapatkan kerja sama bersama Accor dengan Les Parisien, di mana mereka mendapatkan suntukan dana senilai antara 51 atau 53 juta euro setiap musimnya.

Nilai kontrak ini disebut hampir dua kali lipat dari yang didapatkan PSG saat bekerjsama dengan Fly Emirates sebelumnya.

5. Barcelona

Lionel Messi. (Foto: AS)

Klub yang diperkuat megabintang Lionel Messi ini menghiasi jerseynya dengan sponsor Rakuten. Perusahaan e-Commerece asal jepang ini menggelontorkan dana sebesar 51 juta euro tiap tahun.

Rakuten memang sudah menghiasi Jersey Barcelona sejak tahun 2016 dan akan berakhir pada tahun 2021 mendatang. Meski memiliki nama besar, Barcelona harus mengakui kekalahannya atas Manchester United yang berhasil menempati posisi nomor dua dengan sponsor klub termahal di dunia.

Sedangkan untuk klub lain seperti Liverpool, Buyern Munchen, Tottenham Hotspurs hanya mampu berada diposisi 10 besar. Dan mereka pun masih menempati perolehan sponsor dengan nilai kecil di di bawah 40 juta euro.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Willa Wildayanti

Berita Terkait: