Pantau Flash
Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris Positif COVID-19
Tim SAR Kerahkan 4 Helikopter ke Paniai Evakuasi Heli PT NUH
Total Kasus Positif di Lingkungan KPK Mencapai 115 Orang
Pesawat Dabi Air Ditembaki di Bandara Bilogai Papua oleh KKB
Belum Bayar Utang ke Negara, Bambang Trihatmodjo Dicegah ke Luar Negeri

5 Klub yang Mengabadikan Nomor Punggung Pemainnya, Ada dari Indonesia

5 Klub yang Mengabadikan Nomor Punggung Pemainnya, Ada dari Indonesia Davide Astori. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Sebagai salah satu penghormatan, beberapa klub memutuskan untuk mengabadikan atau mempensiunkan nomor punggung yang biasa digunakan para pemainnya. Biasanya, para klub mengabadikan nomor punggung pemain yang sudah berjasa atau meninggal saat membela klub tersebut. 

Pantau.com merangkum lima klub yang mengabadikan nomor punggung pemainnya:

1. Fiorentina: Davide Astori (13)


Davide Astori. (Foto: Istimewa)

Setelah melalang buana bersama AC Milan dan Cagliari, Davide Astori memutuskan untuk bergabung bersama Fiorentina pada 2015-2016 dengan status pinjaman. Namun satu tahun berselang, La Viola memutuskan untuk mempermanenkannya. 

Pengalaman serta jiwa kepemimpinan yang dimiliki Astori membuat sang pemain diberi kepercayaan menyandang ban kapten oleh Fiorentina pada 2017-2018. Sayang, itu menjadi musim terakhir bagi sang pemain.

Pada 4 Maret 2018, Astori ditemukan meninggal dunia saat sedang tertidur di kamar hotelnya. Ia meninggal akibat serangan jantung. Fiorentina pun memutuskan untuk mengabadikan nomor 13 yang biasa dipakai Astori sebagai penghormatan terakhir. 

Baca juga: Daftar Nominasi Penghargaan Champions League 2018-2019, Liverpool Dominan

2. VfL Wolfburg: Junior Malanda (19)

Junio Malanda. (Foto: Istimewa)

Permainan apik yang ditunjukkan pemain muda, Junior Malanda membuatnya dilirik oleh salah satu raksasa Jerman, VfL Wolfsburg pada 2013. Sempat dipinjamkan ke mantan klubnya, Zulte Waragem. 

Setelah kembali dari masa peminjaman, Malanda pun mulai mendapat kesempatan untuk bermain bersama Die Wolfe. Namun pada 2015, sebuah kecelakaan mobil membuat Malanda yang saat itu berusia 20 meninggal dunia. Padahal saat itu ia tengah dalam perjalanan menuju kamp pelatihan di Afrika Selatan. Wolfsburg pun memutuskan mengabadikan nomor 19 sebagai penghormatan. 

3. Napoli: Maradona (10)


Paulo Maldini. (Foto: Istimewa)

Berbeda dengan dua kasus di atas, Napoli memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggung 10 yang biasa digunakan sang leganda Diego Armando Maradona. Tidak berlebihan memang jika Napoli memberikan sebuah penghormatan kepada Maradona. 

Pasalnya, pria asal Argentina ini sukses mempersembahkan dua gelar Serie A bagi Napoli pada musim 1986-1987, dan 1989/1990. 

Baca juga: 8 Artis Papan Atas Punya Klub Bola Favorit Lho, Ada yang Terjebak Nostalgia

4. AC Milan: Paulo Maldini (3)


Paulo Maldini. (Foto: Istimewa)

Terkenal sebagai salah satu bek terbaik dunia, Paulo Maldini berhasil mempersembahkan sejumlah gelar prestius selama 24 tahun membela AC Milan. Tidak heran jika Rossoneri memutuskan untuk mengabadikan nomor punggung 3 yang biasa digunakan Maldini serta sang ayah, Cesare dulu. 

Walau demikian, nomor punggung 3 tersebut bisa digunakan kembali jika salah satu anak dari Maldini bisa tembus tim utama Milan. 

5. Persela Lamongan: Choirul Huda (1)


Choirul Huda. (Foto: Istimewa)

Di dalam negeri, Persela Lamongan juga mempensiunkan nomor punggung 1 miliki almarhum Choirul Huda. Laskar Joko Tingkir memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggung 1 untuk menghormati kiper andalannya tersebut yang meninggal pada 2017 silam. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: