Pantau Flash
Indonesia Kecam Rencana Aneksasi Israel Terhadap Palestina
Welcome New Normal: Penumpang KRL Dilarang Bicara dan Telepon
Pasien Sembuh COVID-19 Kembali Bertambah, Kini Total 6.240
MUI: Jika Mal Sudah Direlaksasi, Masjid Tentu Juga Sudah Bisa!
1,8 Juta Orang Tinggalkan Jabodetabek di Tengah Larangan Mudik COVID-19

5 Pesepakbola Top Eropa Keturunan Indonesia, Ada Kelahiran Lombok

5 Pesepakbola Top Eropa Keturunan Indonesia, Ada Kelahiran Lombok Emil Audero Mulyadi ketika membela Juventus. (Foto: AP)

Pantau.com - Sebagai negara besar tentu banyak keturunan Indonesia yang tersebar di berbagai belahan dunia. Tapi siapa sangka ternyata banyak pemain sepakbola top dunia yang bermain di Eropa memiliki darah Indonesia.

Kebanyakan dari mereka berasal dari Belanda, hal itu memang tidak mengherankan. Pasalnya, Indonesia adalah salah satu negara yang pernah dijajah oleh Belanda.

Bukan lagi menjadi rahasia umum kalau pemain keturunan bisa menaikkan level permainan bagi negara kelahirannya. Diantara para pemain keturunan Indonesia itu siapa saja dan berapa gaji mereka dari yang kecil hingga menjadi pemain mahal pula?

Pantau.com merangkum daftar lima pemain berbakat keturunan Indonesia yang bermain di Eropa. Siapa saja mereka?


Sandy Walsh. (Foto: Istimewa)

1.Sandy Walsh


Nama Sandy Walsh mungkin bukan nama asing lagi bagi masyarakat pencinta bola di Indonesia. Hal itu karena, Sandy Walsh memang sempat menjadi perbincangan masyarakat. Dimana ia berjuang untuk bisa menjadi warga negara Indonesia dan pria berusai 24 tahun itu ingin bisa memperkuat skuad Garuda.

Diketahui bahwa Sandy Walsh lahir di Belgia dari ayah kelahiran Inggris keturunan Irlandia, dan Ibunya adalah wanita kelahiran Swiss Belanda dengan keturunan dari Indonesia.

Praktis ia bisa memilih tim nasional Belgia, Irlandia, Indonesia, Swiss dan tentu Belanda juga. Namun untuk bisa bermain sebagai pemain Timnas Indonesia ia harus lebih dulu menjadi warga negara atau melakukan naturalisasi.

Sandy Walsh sendiri sudah bermain untuk timnas Belanda di kategori remaja saat itu. Sedangkan kesibukan Sandy Walsh sendiri saat ini masih tercatat sebagai pemain bek kanan untuk klub Liga 1 Belgia, SV Zulte Waregem. Di usianya yang kini sudah 24 tahun itu, Sandy dibanderol dengan harga 810 ribu Pounds atau setara dengan Rp15 miliar.


Benjamin van leer. (Foto: Istimewa)

2.Benjamin Van Leer


Nama Benjamin van Leer pada musim lalu menjadi perbincangan karena dirinya adalah salah satu pesepakbola keturunan Indonesia. Ia merupakan pemain yang dipinjamkan oleh Ajax Amsterdam ke klub Eredivisie NAC Breda. Selama di NAC Breda Benjamin sukses mendapatkan giliran bermain reguler.

Kiper berusia 27 tahun itu pada musim 2018/19 mencatatkan total 31 penampilan untuk NAC Breda. Bahkan, Benjamin van Leer selalu menjadi pilihan utama NAC Breda di bawah mistar gawang.

Pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia ini memiliki harga transfer dengan angka 1,13 Pounds atau sekitar Rp20 miliar. Dan pemain kelahiran Belanda ini pun dikabarkan tertarik bermain untuk tim nasional Indonesia.

Kevin. (Foto: Istimewa)

3.Kevin Diks Leer


Pria kelahiran Belanda ini bergabung dengan skuad muda Vitesse pada tahun 2005 ketika berusia sembilan tahun. Sebelumnya ia bermain untuk VIOS Vaassen dan AGOVV Apeldoorn.

Di musim panas tahun 2014 ia dipanggil ke skuad utama untuk pra-musim, munculnya pun dalam 1-3 kekalahan melawan Chelsea. Pada tanggal 24 agustus 2014, Kevin mengambil keuntungan jadi pilihan pertama ketika Wallace cedera, Diks menjalani debut untuk pertama kalinya di Eredivisie, tapi sayangnya timnya kalah melawan PEC Zwolle.

Pada tanggal 8 januari tahun berikutnya, ia sudah menjadi bagian utama dalam tim. Kevin memperbaruhi kontraknya sampai 2018.

Pemain keturunan Indonesia dan Belanda ini memiliki nilai jual tertinggi. Dimana pemain yang saat ini memperkuat Fiorentina sejak Juni 2018 tersebut memiliki nilai jual 1,26 pounds atau setara dengan Rp23 miliar.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Kevin Diks yang berperan sebagai bek sayap dari Feyenoord sebesar 1,35 juta pounds atau sekitar Rp24 miliar. Ia masih memiliki peluang memperkuat Timnas Indonesia karena sejauh ini jenjang tertingginya membela timnas Belanda hanya di tim U-21.

Baca juga: 5 Pesepakbola Murah yang Miliki Rating Bintang Lima


Jairo bermain di Premier League. (Foto: AP)

4.Jairo Riedewand


Pemain berusia 22 tahun yang memiliki garis keturunan dari jalur ibu dan neneknya yang berdarah Ambon dan ayahnya yang berasal dari Suriname ini sudah menjadi jebolan klub besar.

Mantan jebolan akademi Ajax tersebut saat ini sedang mencoba peruntungan barunya dengan bergabung bersama tim Premier League yakni Crystal Palace.

Dilansir dari The Guardian, tim berjulukan The Eagles itu harus merogoh kocek sekitar 8 juta pounds atau setara dengan Rp153 miliar untuk bisa memboyong Jairo ke Stadion Selhurst Park. Tapi dari laman Transfermarkt, Jairo kini memiliki market value sekitar 4,5 juta pounds Rp86 miliar.


Emil Audero. (Foto: AP)

5.Emil Audero Mulyadi


Pemain lain satu ini mungkin sering menjadi pusat perbincangan para pecinta sepakbola di Indonesia. Hal itu diketahui karena memang Emil Audero Mulyadi sempat digadang-gadang akan menjadi penjaga gawang andalan tim Merah Putih.

Tetapi hal itu tak mampu terwujud karena pemain berusia 22 tahun kelahiran Mataram tersebut memilih untuk menguikuti jejak Gianluigi Buffon untuk membela Timnas Italia.

Emil Audero Mulyadi sendiri saat ini merupakan kiper dari Sampdoria yang tampil di kasta tertinggi kompetisi sepakbola di Liga Italia. Emil memiliki darah Indonesia dari sang ayah yakni Edi Mulyadi yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dilansir dari Transfermarkt, Emil dibanderol dengan harga 20 juta Euro atau setara Rp311,7. Ia resmi menjadi pemain anyar Sampdoria setelah sebelumnya hanya dipinjamkan Juventus.



Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Willa Wildayanti

Berita Terkait: