Pantau Flash
Pemerintah Anggarkan Rp2 Triliun untuk Bayar Utang ke Guru dan Dosen Agama
36 Pegawai Kedeputian Penindakan KPK Positif COVID-19
Pos Penyekatan di Jembatan Suramadu Resmi Ditiadakan
Perhatian! Warga dengan KTP Non DKI Jakarta Bisa Ikut Vaksinasi COVID-19
Warga Jakarta Waspada, RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Nyaris Penuh

5 Transfer Aneh Pesepakbola, Ada yang Seharga 1 Buah Permen Lho!

5 Transfer Aneh Pesepakbola, Ada yang Seharga 1 Buah Permen Lho! ilustrasi uang pada bola. (Foto: Freakingnews)

Pantau.com - Bursa transfer musim panas telah dibuka, klub-klub terutama di Eropa, bergerak cepat mengincar pemain-pemain bidikannya. Tak heran, mereka menyiapkan dana besar untuk mendatangkan pemain baru.

Sebut saja, Real Madrid yang mendatangkan Eden Hazard dengan harga fantastis 100 juta euro setara Rp1,6 triliun. Bahkan seorang bek muda berusia 19 tahun, Matthijs de Ligt dibeli Juventus dengan harga 75 juta euro.

Memang tak ada yang salah apabila klub-klub tersebut melakukan proses transfer. Bahkan rekor penjualan dan pembelian pemain begitu cepat terpecahkan.

Tetapi tak semua proses transfer pemain melibatkan banyak biaya. Sebab ada beberapa pemain yang dibeli dengan biaya unik, harganya pun ada yang setara dengan satu buah permen.

Siapa saja pemain yang ditrnasfer paling aneh dalam sejarah sepakbola?

Baca juga: 5 Transfer Paling Aneh dalam Sejarah Sepakbola

1. Marius Cioara

transfer pesepakbola teraneh marius ciora

Ciora didatangkan bukan menggunakan uang tapi dengan sosis. (Foto: Istimewa)

Nama Marius Cioara muncul bukan karena memiliki skill istimewa di lapangan hijau. Namun, karena proses transfer yang begitu unik dan aneh.

Pemain berpaspor Rumania ini ingin hijrah dari klubnya UT Arad menuju klub divisi empat, Regal Hornia. Uniknya, transfer Cioara tak melibatkan uang. Namun, proses pembeliannya dilakukan dengan 15 kilogram daging berupa sosis.

2. Ernie Blenkinsop

ernie blenkiesop

Biaya Ernie untuk pindah ke Hull City seberat satu tong bir. (Foto: Twitter)

Transaksi transfer Ernie Blenkinsop tak kalah unik. Pada 1921, ia dibeli Hull City dengan biaya satu tong minuman bir yang dibagikan kepada mantan rekan setimnya.

Kendati demikian, Blenkinsop yang berposisi sebagai bek kiri itu tumbuh sebagai pemain hebat dan membela Timnas Inggris sebanyak 26 kali.

3. Gary Pallister

gary pallister

Pallister mau pindah klub asalkan diberikan satu set latihan. (Foto: The Mirror)

Gary Pallister merupakan bek garang yang menjadi andalan Manchester United pada era Sir Alex Ferguson. Namun, ada kisah unik mantan pemain Timnas Inggris tersebut.

Dalam sebuah proses transfer dirinya dari Billingham menuju Middlesbrough, Pallister hanya dibayar dengan satu set peralatan latihan.  Ia yang masih berusia 19 tahun saat itu masuk sebagai salah satu transfer pemain paling unik dalam sejarah sepakbola.

4. John Barnes

John Barnes legenda Liverpool. (Foto: TaklSport)

John Barnes merupakan salah satu legenda Liverpool, bakat besarnya nampak di usia 17 tahun. Barnes, yang kala itu membela klub Sudbury, dibeli klub Premier League, Watford.

Uniknya, Watford hanya perlu membayar Barnes dengan seperangkat baju olahraga! Wah, semoga itu bukan baju diskonan ya gengs!

5. Indriyanto Nugroho

indriyanto nugroho

Indriyanto Nugroho saat memperkuat timnas. (Foto: Boombastis)

Transaksi transfer pesepakbola paling aneh tak hanya terjadi di Eropa. Di Indonesia pernah terjadi sebuah perpindahan pemain yang begitu unik.

Adalah Indriyanto Nugroho, pemain yang berposisi sebagai penyerang di Arseto Solo. Pada era Galatama, ia dibeli Pelita Jaya dengan biaya Rp100 kalau saat ini bisa mungkin bisa mendapatkan satu buah permen.

Angka Rp100 itu merupakan kekecewaan Arseto Solo kepada Pelita Jaya dinilai membajak Indriyanto Nugroho. Maklum, pemain miliknya baru saja menyelesaikan program primavera PSSI.

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: