Pantau Flash
Putri Kerajaan Spanyol Wafat Usai Terinfeksi COVID-19
Paket Bantuan Amerika Serikat untuk COVID-19 Mencapai Rp32.400 Triliun
Jadi Episentrum COVID-19, 66 Orang Meninggal Dunia di Jakarta
Kemenpora Keluarkan Protokol Guna Perangi Wabah Virus Korona
12 Ruas Jalanan Kota Medan Resmi Ditutup Imbas Pandemi Korona

AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Resmi Ditunda

AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Resmi Ditunda Timnas U-16 Indonesia. (Foto: Antara)

Pantau.com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) memutuskan untuk menunda penyelenggaraan Piala AFF U-16 dan U-19 yang berlangsung di Indonesia karena pandemi virus korona atau COVID-19. 

Seperti dilansir laman resmi AFF, selain dua kejuaraan tersebut, pelaksanaan Piala AFF Putri U-18 di Indonesia juga bakal ditunda. Satu kejuaraan lagi yang ditunda adalah Piala AFF Putri di Vietnam.

Baca juga: Liga Australia Dihentikan Sementara

Piala AFF U-16 di Indonesia direncanakan berlangsung pada Juli dan sebulan berikutnya Piala AFF U-19. Sedangkan untuk Piala AFF Putri U-18 bakal berlangsung Juni.

"Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi di seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepak bola kami, tetapi kami akan melewatinya bersama," kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth dalam keterangan resminya.

Pihaknya menyadari jika sepak bola pasti mendatangkan massa yang dinilai bisa memicu penularan virus corona yang saat ini merebak khususnya di kawasan Asia Tenggara.

"Risiko penularan penyakit pada kerumunan massa sangat tinggi. Makanya kami telah membuat keputusan untuk menunda dan jika dibutuhkan kami akan membatalkan kejuaraan ini demi melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak," katanya menambahkan.

Selain kejuaraan tersebut, masih banyak kejuaraan yang menjadi tanggung jawab AFF yaitu Piala AFF Putri U-15 di Indonesia pada September, Piala Futsal AFF, Piala Futsal AFF Antarklub, dan Sepak Bola Pantai Piala AFF di Thailand. Hanya saja pelaksanaannya tetap sesuai jadwal.

Baca juga: Separuh Klub Sepak Bola Prancis Bisa Bangkrut karena Korona

Begitu juga dengan Piala AFF 2020, kejuaraan senior ini masih sesuai dengan jadwal yaitu November mendatang.

"Karena situasinya terus berkembang, kami akan terus mencermati dan tidak akan ragu untuk melakukan perubahan pada jadwal kami jika perlu. AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan keluarga dan komunitas kami," kata Mayor Jenderal Sameth.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: