Pantau Flash
Pelaku Pelecehan Seksual saat Rapid Test di Bandara Soetta Jadi Tersangka
Ilham Saputra Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Ketua KPU
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem hingga 28 September
Positif COVID-19 Betambah 4.071, Total Menjadi 252.923 Kasus
Pendapatan Negara Turun 13,1 Persen, hingga Agustus Capai Rp1.034,1 T

ATP Sumbang Rp6,8 Miliar Tanggulangi Kebakaran Hutan di Australia

ATP Sumbang Rp6,8 Miliar Tanggulangi Kebakaran Hutan di Australia Novak Djokovic. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Asosiasi Tenis Profesional (ATP) memberikan sumbangan sebesar 725.000 dolar Australia atau lebih dari Rp6,8 miliar untuk penanganan kebakaran lahan di Australia. Dana tersebut berasal dari sumbangan para petenis yang berlaga sj ATP Cup 2020, beberapa waktu lalu.

Dua petenis elite dunia, Novak Djokovic (Serbia) dan Rafael Nadal (Spanyol) menyampaikan sumbangan tersebut akan disalurkan melalui organisasi WWF Australia dan Nature Recovery Fund.

ATP dan tim negara yang mengikuti turnamen ini berinisiatif untuk melakukan kampanye amal melalui perhitungan jumlah Ace yang dicatatkan para pemain sejak hari pertama di babak penyisihan hingga babak final.

Baca Juga: Ingin Berhasil di Dunia Tenis, Begini Tips Keren Novak Djokovic

"Australia menjadi tuan rumah agenda ATP setiap bulan Januari dengan pelaksanaan yang baik, termasuk edisi pertama ATP Cup tahun ini. Kerusakan yang kita lihat di seluruh negeri akibat kebakaran lahan sangat menyedihkan. Semua cabang olahraga sudah bekerja sama untuk memberikan dukungan, terutama para atlet yang punya ikatan dengan negara ini. Sehubungan dengan ini, ATP ingin berperan serta dan terus bekerja sama dengan Tennis Australia dalam inisiatif usaha amal melalui olahraga," kata Ketua ATP Andrea Gaudenzi.

Djokovic, selaku Presiden Dewan Pemain ATP juga turut prihatin atas kebakaran lahan yang menimpa Australia dan belum tertangani sepenuhnya sampai sekarang.

"Australia adalah negara yang ramah dan indah, terasa seperti rumah sendiri setiap datang di awal musim (pertandingan). Kerusakan akibat kebakaran ini begitu merusak lingkungan dan alam. Sumbangan dari ATP ini semoga bisa membantu mereka yang terdampak bencana ini," Djokovic mengatakan.

Baca juga: Nick Kyrgios Sumbang Rp2 Juta untuk Setiap Servis Ace bagi Korban Kebakaran

Kampanye penggalangan dana dengan tagar #Aces4BushfireRelief ini juga menarik perhatian sejumlah petenis yang ikut menyumbang dengan inisiatif mereka sendiri, selain menggunakan lini media sosial untuk menarik minat.

Banyak bintang besar ATP, termasuk Djokovic, Nadal, Roger Federer(Swiss), Stefanos Tsitsipas (Yunani) dan Nick Kyrgios (Australia) akan berpartisipasi dalam acara pertandingan eksibisi bertajuk "Australian Open Rally for Relief" di Rod Laver Arena Melbourne, Rabu (15/1).

Semua dana yang terkumpul dari agenda tersebut akan disumbangkan untuk penanganan kebakaran lahan di Australia.

Sumbangan bagi penanganan bencana kebakaran lahan Palang Merah Australia juga bisa dilakukan melalui laman www.redcross.org.au/tennis, sedangkan sumbangan kepada WWF’s Australian Wildlife and Nature Recovery Fund bisa diberikan melalui https://www.wwf.org.au/get-involved/bushfire-emergency.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: