Pantau Flash
Lantik PAW Anggota MPR RI, Bamsoet Ingatkan Pentingnya PPHN
Di Tengah Hujan Lebat, Presiden Joko Widodo Tinjau Banjir di Kabupaten Banjar
Ayahanda Meninggal, Pembacaan Pleidoi Jaksa Pinangki Ditunda
Dituduh Selundupkan Minyak, 5 WNI Akhirnya Bebas dari Penjara Iran
Hujan Lebat dan Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Cirebon Terendam Banjir

Balapan F2 Memakan Korban, Vettel Ingatkan soal Keamanan

Balapan F2 Memakan Korban, Vettel Ingatkan soal Keamanan Sebastian Vettel. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Langit duka sempat menghiasi ajang balap Formula 2 (F2) GP Belgia 2019. Pembalap asal Prancis Anthoine Hubert meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi pada balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu 1 Agustus 2019. 

Hubert mengalami kecelakaan setelah ditabrak Juan Manuel Correa di tikungan cepat pada lap kedua. Ia akhirnya meninggal setelah sempat mendapat perawatan di rumah sakit. 

Baca Juga: Pembalap Formula 2 Anthoine Hubert Meninggal Akibat Kecelakaan

Tragedi meniggalnya Hubert di atas lintasan membuat salah satu pembalap Formula One (F1), Sebastian Vettel angkat bicara. Pembalap asal Jerman itu meminta Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) untuk meningkatkan faktor keamanan para driver. 

"Sejauh yang saya pahami, ada beberapa situasi yang akhirnya berujung dengan kecelakaan itu. Meski itu bagian dari motorsport, kecelakaan tetap saja berbahaya, dan selama beberapa tahun terakhir menjadi alarm dengan meninggalnya Jules Bianchi dan sekarang Anthoine," ujar Vettel. 

Baca Juga: Ferrari Butuh Lebih Banyak Kolaborasi Leclerc-Vettel untuk Redam Hamilton

"Jadi ini menunjukkan ada beberapa hal, yang bahkan dianggap orang lain membosankan karena terlalu aman, yang harus ditingkatkan lagi. Saya lebih memilih balapan F1 yang membosankan tetapi Anthoine Hubert atau Jules Bianchi bersama kami di sini," dia menjelaskan. 

FIA sendiri sejatinya sudah memperkenalkan sejumlah inovasi seperti teknologi 'halo' untuk meningkatkan faktor keselamatan para pembalap. Meski sempat ditentang, nyatanya teknologi yang terdapat di bagian depan ini cukup ampuh dalam mencegah benturan. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra