Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Bawa Liverpool Juara UEFA Super Cup 2019, Klopp Catatkan Sejarah

Bawa Liverpool Juara UEFA Super Cup 2019, Klopp Catatkan Sejarah Jurgen Klopp. (Foto:Reuters)

Pantau.com - Liverpool berhasil menahbiskan diri sebagai jawara UEFA Super Cp 2019 setelah mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti dengan skor 5-4 di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari. Sebelumnya, kedua tim harus bermain imbang 2-2 hingga babak perpanjangan waktu. 

Kesuksesan Liverpool ternyata juga membuat sang pelatih Jurgen Klopp mencatatkan sejarah. Klopp tercatat sebagai pelatih asal Jerman pertama yang berhasil menjuara UEFA Super Cup. 

Berdasarkan catatan statistik, empat pelatih asal Jerman sebelumnya, yakni Dettmar Cramer, Udo Lattek, Otto Rehhagel, serta Ottmar Hitzfeld tidak ada yang berhasil membawa pulang trofi UEFA Super Cup. 

Baca Juga: Kandaskan Chelsea, Liverpool Juara UEFA Super Cup 2019

Cramer gagal mempersembahkan gelar juara UEFA Super Cup bagi Bayern Munich dalam dua kesempatan beruntun pada 1975 dan 1976. Die Roten saat itu kalah dari Dynamo Kiev serta Anderlecht. 

Pada 1982, Barcelona yang diarsiteki Lattek gagal meraih gelar juara UEFA Super Cup. Azulgrana harus merelakan trofi tersebut setelah kalah dari Aston Villa. 

Satu dekade berselang, Barcelona akhirnya mampu menjadi juara UEFA Super Cup setelah mengalahkan Werder Bremen. Dimana Bremen saat itu dibesut oleh Rehhagel. 

Hitzfeld menjadi pelatih asal Jerman terakhir yang gagal meraih trofi UEFA Super Cup pada 2001. Hitzfeld yang saat itu menukangi Bayern Munchen harus rela dikalahkan Liverpool. 

Baca Juga: Catatan dan Fakta Menarik Liverpool vs Chelsea di Ajang UEFA Super Cup 2019

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: