Pantau Flash
Lewis Hamilton Tercepat Hari Pertama Uji Coba Barcelona
Polemik Salah Ketik Pasal 170 RUU Ciptaker Tanggung Jawab Perumus
Menpora Sebut Belum Ada Keputusan Jatim Jadi Tuan Rumah Pendamping PON 2020
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi

Bentuk Penghargaan Manchester City untuk Vincent Kompany

Bentuk Penghargaan Manchester City untuk Vincent Kompany Vincent Kompany. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Klub Premier League, Manchester City akan mengabadikan sosok mantan kaptennya, Vincent Kompany dalam wujud patung di luar Stadium Etihad. Ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas prestasi dan kontribusi sang pemain untuk klub.

Pembuatan patung itu bukan tanpa alasan, mengingat Kompany telah berjasa bagi Man City selama 11 tahun dia memimpin klub berjuluk The Citizens. Selama bermain di Man City, pemain asal Belgia itu telah mencatatkan 360 penampilan dan menyumbangkan lebih banyak trofi daripada kapten klub lainnya dalam sejarah klub sepakbola.

Pemilik klub Manchester City, Khaldoon Al Mubarak, menyatakan Vincent Kompany merupakan bagian dari transfomasi besar selama periode waktu tertentu untuk Man City.

"Vincent adalah sosok yang spesial dalam sejarah City. Dia pemimpin yang tegas dan menginspirasi," kata Khaldoon Al Mubarak seperti dikutip dari laman resmi Manchester City.

Baca juga: Jadi yang Pertama, City Habiskan Uang 1 Miliar Euro untuk Belanja Pemain

"Kontribusinya akan dikenang oleh generasi yang akan datang, baik suporter maupun komunitas sepak bola yang juga mengakui Vincent sebagai salah satu sosok ikonik di Liga Inggris," tambahnya.

Khaldoon juga menambahkan pembuatan patung Kompany sudah mulai dilakukan. Publik pun diharapkan bisa melihat dan turut merayakan prestasi dan kontribusi Kompany untuk Man City.

Sementara Kompany merasa senang dirinya dianggap begitu spesial oleh klub. "Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya bisa diingat sebagai orang yang spesial di klub," ujarnya.

"Perjalanan yang kita lalui bersama selama 11 tahun telah mengubah hidup saya. Saya sangat bahagia bisa berperan kecil membantu klub selama ini," tuturnya.

Selain patung, sebuah jalan yang menghubungkan City Football Academy Youth dan First Team Center Club telah diganti nama menjadi "Vincent Kompany Crescent". Jalan itu ditandai dengan mozaik yang terinsipirasi oleh perayaan gol Kompany saat derby Manchester pada 2012 lalu.

Baca juga: Tak Ada Real Madrid, Ini 5 Tim Favorit Juara Liga Champions 2019/2020

Manchester City sendiri melakukan pertandingan testimonial sebagai bentuk perayaan dan perpisahan dengan Kompany. Namun Kompany dikatakan akan absen pada laga tersebut karena masih dalam tahap pemulihan cedera hamstring. "Sayangnya saya tidak bisa bermain. Saya mengalami cedera hamstring dan tidak mau mengambil risiko," jelasnya.

Laga testimonial itu akan mempertemukan Manchester City Legends dengan Premier League All Stars. Selain sebagai perpisahan, pertandingan itu bertujuan untuk mengumpulkan donasi untuk membantu para tunawisma Tackle4MCR di Manchester.

Para pemain bintang Man City seperti David Silva, Sergio Aguero akan bergabung bersama Mario Balotelli di tim asuhan Pep Guardiola. Mereka akan berhadapan dengan eks pemain Manchester United seperti Edwin van der sar, Gary neville, Paul Scholes, Ryan Giggs.

Sebelumnya, pemain Belgia berusia 33 tahun itu telah meninggalkan Man City pada musim lalu dan bergabung dengan klub kampung halamannya, Anderlecht. Di sana ia menjadi pelatih sekaligus pemain.

Tim Pantau
Editor
Bagaskara Isdiansyah
Category
Olahraga

Berita Terkait: