Pantau Flash
Jokowi Benarkan 4 WNI Positif Korona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ada Gubernur Belum Alihkan Kewenangan Izin Investasi, Bahlil Lapor Presiden
KPK Takut Tangkap DPO Eks Sekretaris MA Nurhadi?
Rapper Pop Smoke Tewas Ditembak di Rumahnya
Lewis Hamilton Tercepat Hari Pertama Uji Coba Barcelona

Bukan Hanya Kevin/Marcus, Ini 5 Ganda Putra Indonesia yang Gemparkan Dunia

Headline
Bukan Hanya Kevin/Marcus, Ini 5 Ganda Putra Indonesia yang Gemparkan Dunia Ricky Subagja/Rexy Mainaky (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Berbicara bulutangkis Indonesia tak ada habisnya, khususnya sektor ganda putra yang masih menjadi andalan sejak dulu. Hal itu diketahui bahwa sektor ini masih memiliki tradisi kuat untuk memunculkan generasi baru setiap tahunnya.

Bahkan bisa dibilang, sektor ganda putra memiliki spesialisasi sendiri daripada sektor lain. Sehingga tak aneh lagi kalau ganda putra jadi kekuatan utama utama bulutangkis Indonesia.

Selain Marcus Fernaldi Gideo/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang saat ini menempati posisi peringkat pertama dunia, Indonesia juga memiliki pemain-pemain lain yang kerap jadi momok lawan.

Berikut deretan 5 pemain ganda putra Indonesia yang menguncang dunia sebelum Kevin/Marcus:

1. Ricky Subagja/Rexy Mainaky


Ricky Subagja/Rexy Mainaky (Foto: Istimewa)

Kedua pebulutangkis satu ini sangat menakjubkan pada masanya. Bagaimana tidak, saking apik permainannya orang-orang tak akan bosan untuk menikmati pertandingan.

Pekerja keras dalam sosok Rexy, dan kalem penuh kepastian serta menghibur ala Ricky. Kedua pasangan ini menjadi pelopor tradisi emas Olimpiade saat meraihnya pertama kali pada 1996 di Atlanta. 

2. Christian Hadinata/Ade Chandra


Christian Hadinata/Ade Chandra (Foto: Istimewa)

Pasangan ganda putra pada tahun 1970-an ini tak asing lagi. Mereka menjadi pemain terkuat dan tak terkalahkan yang dimiliki Indonesia pada masa itu.

Bahkan Christian Hadinata/Ade Chandra merupakan ganda putra pertama Indonesia yang berhasil menjuarai turnamen bergengsi All England, mereka menjadi juara di tahun 1972 dan kemudian berhasil mempertahankan gelarnya pada tahun 1973.

Selain juara All England, pasangan yang terbentuk pada tahun 1971 ini juga berhasil meraih medali emas pada ajang Asian Games tahun 1978 dan puncaknya mereka berhasil menjadi juara dunia ganda putra pada tahun 1980. Mereka juga anggota tim Piala Thomas Indonesia yang menjadi juara di tahun 1973 dan 1976.

Bukan hanya itu, bahkan pasangan Christian Hadinata/Ade Chandra adalah pasangan yang meletakkan kesuksesan ganda putra Indonesia di kancah bulutangkis dunia karena prestasinya.

3. Tony Gunawan/Chandra WIjaya


Tony Gunawan/Chandra WIjaya(Foto: Istimewa)

Pasangan ini dibayangi Ricky/Rexy. Hal itu karena mereka diandalkan menjadi pengganti pasangan tersebut, dan mereka pun langsung menjadi andalan sektor ganda putra bulutangkis Indonesia. 

Bahkan tak main-main, mereka sukses menyamakan prestasi seniornya dengan menyabet medali emas bulutangkis sektor ganda putra di Olimpiade Sydney tahun 2000.

Mereka pun sempat menjuarai turnamen All England pada tahun 1999, namun sayangnya kebersamaan mereka harus berakhir ketika Tony Gunawan memutuskan pindah ke Amerika Serikat pada tahun 2002.


4.Edy Hartono/Rudy Gunawan


Edy Hartono/Rudy Gunawan (Foto: Istimewa)

Pasangan yang menjadi andalan Indonesia di tahun 1990-an ini memang cukup menakjubkan dengan prestasi yang diraih di setiap turnamen yang diikutinya. 

Bahkan pasangan ini mulai menunjukkan prestasinya sejak akhir 1980-an, dan mereka berhasil mencapai masa kejayaan di tahun 1990-an.

Pada tahun 1992 mereka berhasil mencapai final sektor ganda putra di Olimpiade Barcelona meski harus mengakui keunggulan pasangan legendaris Korea Selatan Park Joo-Bong/Kim Moon-Soo.

Selain meraih medali perak di Olimpiade Barcelona, prestasi tertinggi Eddy Hartono/Rudy Gunawan adalah saat mereka berhasil menjuarai turnamen All England pada tahun 1992. Mereka pun termasuk bagian tim piala Thomas Indonesia saat menjadi juara di tahun 1994.

5. Hendra Setiawan/Markis Kido


Hendra Setiawan/Markis Kido  (Foto: Istimewa)

Terakhir pasangan ganda putra lainnya yakni, Hendra Setiawan/Markis Kido sukses besar saat mereka tampil di Olimpiade pada tahun 2008. Hal itu terjadi sebelum Hendra Setiawan dipasangkan dengan Muhammad Ahsan yang saat ini menjadi partnernya.

Pasangan ini berhasil mengukir sejarah dengan meraih banyak medali d iajang multi event seperti Olimpiade Beijing 2008, menjadi juara dunia beberapa kali dan mereka juga sukses meraih medali emas Asian Games 2010.


Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - WIL
Category
Olahraga

Berita Terkait: