Curhat Bek Liverpool Usai ‘Dikerjai’ Wasit Saat Kontra Tottenham Hotspur

Virgil van Dijk. (Foto: Liverpool FC)

Pantau.com – Laga antara Liverpool melawan Tottenham Hotspur masih menyisakan cerita. Pemain bertahan Liverpool, Virgil van Dijk, menilai Harry Kane melakukan aksi diving, hingga merugikan timnya.


Pertandingan sengit Premier League itu berakhir imbang 2-2. Liverpool selaku tuan rumah, merasa ‘dikerjai’ oleh keputusan wasit yang memberikan penalti ke tim tamu.


Memang di menit ketiga, Mohamed Salah membawa tim tuan rumah unggul. Namun, Victor Wanyama mampu menyamakan kedudukan saat waktu menyisakan 10 menit lagi jelang bubaran.


Baca Juga: Diimbangi Spurs, Klopp: Kami Menang Jika Bukan Karena Penalti


Petaka terjadi di menit 86, wasit menunjukkan titik putih untuk Spurs, sebab Kane dijatuhkan oleh Loris Karius. Padahal, apabila diperhatikan, penyerang Timnas Inggris itu sudah offside terlebih dahulu. Untungnya, sepakan Kane mampu diamankan oleh kiper Liverpool. 


“Menurut saya penalti pertama adalah offside dan menurut saya itu adalah diving. Anda melihat dia (Kane) jelas-jelas melakukannya dan tidak seorang pun berbicara tentang hal itu. Ada banyak diskusi mengenai apakah itu offside, ya atau tidak, namun menurut saya itu offside. Wasit mengambil keputusannya bersama dengan hakim garis. Itu bagus untuk kami sebab hal itu direkam. Rekaman suara televisi dari wasit Jon Moss dan asistennya mengungkap kebingungan mengenai apakah bola secara tidak sengaja dinyatakan ‘play on’ ke Kane oleh bek Liverpool Dejan Lovren. Moss memutuskan untuk menghadiahkan tendangan itu meski ia berkata dirinya ‘tidak yakin’ apakah sang pemain bertahan menyentuh bola,” ujar Virgil seperti dikutip dari Soccerway, Senin (5/2/2018).


Van Dijk juga mengkritik keputusan kedua sang pengadil lapangan. Itu terjadi saat Liverpool unggul 2-1 lewat lesakkan Salah di menit 90. Lamela terjatuh secara teatrikal akibat terkena hadangan mantan pemain Southampton tersebut.


“Untuk penalti kedua, saya melihat ia datang dan saya berusaha dan menahan kaki saya, ia hanya menarik tubuhnya di depan bola dan ia terjatuh secara tiba-tiba,” tambah Van Dijk.


Sempat terjadi cekcok di samping lapangan. Wasit utama dengan hakim garis memiliki pendapat yang berbeda, tapi akhirnya hukuman penalti tak bisa dielakkan. Kane selaku algojo akhirnya sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2.


“Wasit berkata play on dan saya sangat kecewa hakim garis mengatakan sebaliknya. Sayang sekali, pertama-tama itu offside dan kedua ia hanya meletakkan tubuhnya di depan saya. Menurut saya itu bukan penalti dan merupakan hal yang sama dengan (keputusan) pertama,” tuntasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Soccerway.com
Editor
Widji Ananta