Pantau Flash
Jakarta Pagi Cerah Berawan, Waspada Hujan Petir Sore Hingga Malam Hari
Mahfud Klaim Pemerintah Tak Berencana Bebaskan Napi Koruptor Gegara Korona
Zona Merah COVID-19 di Kabupaten Bogor Kini Merambah Jonggol
Asisten Pelatih Timnas Indonesia Positif Virus Korona
Yasonna Bantah Sengaja Ingin Bebaskan Napi Koruptor

Deretan Pemain Top Asli Papua yang Pernah Berseragam Timnas Indonesia

Deretan Pemain Top Asli Papua yang Pernah Berseragam Timnas Indonesia Boaz Solossa. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Meski menjadi wilayah yang kerap terpinggirkan, nyatanya Tanah Papua merupakan salah satu daerah yang tidak pernah putus dalam menyumbang pemain ke tim nasional Indonesia. Baik di level senior maupun kelompok umur. 

Berikut, Pantau.com merangkum lima pemain Papua yang pernah berseragam Timnas Indonesia: 

1. Rully Nere


Rully Nere. (Foto: Dok. PSSI)

Pada era 80-an, Timnas Indonesia memiliki seorang gelandang asal Papua, yakni Rully Nere. Pemain yang membela klub lokal, Persipura Jayapura ini beberapa kali dipercaya untuk mengawal lini tengah Timnas Garuda. Kini, Rully juga dipercaya oleh PSSI untuk menukangi Timnas wanita. 

2. Elie Aiboy


Elie Aiboy. (Foto: Istimewa)

Di awal 2000-an, Timnas Indonesia memiliki seorang gelandang serang kreatif yang ada pada diri Elie Aiboy. Ia berhasil mencetak delapan gol dari 48 penampilannya bersama Timnas Garuda. 

3. Solossa Bersaudara


Boaz Solossa. (Foto: Istimewa)

Membicarakan pemain Papua yang membela Timnas Indonesia pasti para pencinta sepak bola Tanah Air langsung menyebut satu sosok, yakni Boaz Solossa. Berhasil tembus Timnas di usia 17 tahun pada 2004, Boci -sapaan Boaz- langsung menjadi pilihan utama di lini depan skuat Garuda. 

Duet bersama Ilham Jaya Kusuma di lini depan, Boaz tampil gemilang dengan membawa Timnas Indonesia meraih posisi runner-up pada 2004. Saat itu, ia sukses membukukan empat gol. 

Namun Boaz tidak sendirian menghuni Timnas Indonesia saat itu. Sang kakak Ortizan Solossa juga memperkuat Timnas Garuda di posisi bek kiri. 

4. Oktavianus Maniani


Oktavianus Maniani. (Foto: Alchetron)

Lahir pada 27 Oktober 1990, Oktavianus Maniani sempat mencuri perhatian saat membela Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2010 silam. Kecepatan lari yang dimiiliki menjadi salah satu senjata mematikan pemain bertubuh mungil ini. 

5. Yanto Basna


Yanto Basna. (Foto: Antara)

Yanto Basna pertama kali membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016. Pelatih Timnas Garuda saat itu, Alfred Riedl memanggil pemain asal Mutra Kukar tersebut meski masih berusia dua tahun. 

Sayangnya, Basna sempat absen mengenakan seragam Garuda selama dua tahun kepemimpinan Luis Milla. Namun, keberhasilan Basna membawa Khonkaen FC ke tangga atas Thai League 2 membuat pelatih Simon McMenemy memanggilnya untuk pertandingan kualifikasi kedua Piala Dunia 2022 Qatar, awal September mendatang. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: