Pantau Flash
Surat Edaran Kemenag: Salat Tarawih di Rumah dan Salat Id Ditiadakan
639 Jenazah Dimakamkan di DKI Jakarta Sesuai Protap COVID-19
Update COVID-19 Indonesia 6 April: 2.491 Positif, 192 Sembuh, 209 Meninggal
Dokter Klub Liga Perancis Bunuh Diri Usai Dinyatakan Positif Korona
Pemerintah: Belum Ada Wilayah yang Disetujui untuk Terapkan PSBB

Dulu Mentereng, Nasib 5 Stadion di Indonesia Ini Kini Memprihatinkan

Dulu Mentereng, Nasib 5 Stadion di Indonesia Ini Kini Memprihatinkan Stadion Terbengkalai (Foto: Istimewa).

Pantau.com - Dalam olahraga sepakbola, Indonesia memang masih memiliki banyak Pekerjaan Rumah (PR) untuk digarap. Bukan hanya masalah kepemimpinan saja tetapi salah satunya stadion-stadion.

Stadion merupakan salah satu infrastruktur yang biasanya digunakan untuk menggelar kegiatan olahraga. Sehingga keberadaan stadion merupakan salah satu aspek penting dalam mengembangkan dunia olahraga. Namun disisi lain ternyata tak sedikit stadion di Indonesia yang justru kurang perhatian dan tak terawat sehingga stadion tersebut terbengkalai.

Yuk kita intip 5 stadion yang hanya menyisakan kenangan saja;

1. Stadion Palaran, Kalimatan

Stadion Palaran, Kalimatan Timur (Foto: Istimewa)

Stadion yang dibangun pada tahun 2008 ini dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON). Namun, stadion Utama Palaran ini terletak di Kalimatan Timur ini tinggal kenangan.

Stadion yang terlihat megah dan besar ini terlupakan begitu perayaan PON usai. Stadion ini sudah banyak ditumbuhi tumbuhan liar di bagian tribun penonton. Bahkan jika dilihat seperti sudah tak layak dipakai. Borneo FC, sebagai tim kebanggan Kalimatan pun tak menggunakan stadion ini, karena Stadion ini memiliki faktor akses yang dinilai kurang ideal.

2. Stadion Benteng, Tangerang

Stadion Banteng Tangerang (Foto: Istimewa).

Stadion yang terletak di Kota Tanggerang, Banteng ini memang pernah jadi markas klub Oersita Tanggerang dan juga Persikota di era 2000an. Namun stadion ini saat ini miris untuk di lihat, bagaimana tidak, rumput liar terlihat memenuhi tribun penonton bahkan sudah tak layak digunakan.

Pada saat itu stadion ini memang selalu dipenuhi oleh para pendukung dari dua klub tersebut. Namun seiring adanya stadion baru, Stadion Banteng ini tak lagi digunakan dan terlupa begitu saja.

Baca Juga: 5 Pesepakbola Asing Ini Jadi Mualaf Setelah Merumput di Indonesia

3. Stadion Ludung Mekong Aceh

Stadion Ludung Mekong Aceh (Foto:Istimewa)

Stadion Ludung Mekong Aceh terlihat lebih memprihatinkan. Stadion ini bahkan terlihat seperti sawah, rumput liar terlihat memnuhi stadion dari luar ataupun dalam stadion.

Meskipun dana miliaran rupiah sudah dialokasikan untuk membenahi stadion ini, masyarakat masih belum bisa memanfaatkan fasilitas olahraga tersebut.

Padahal stadion ini sebelumnya menjadi salah satu bukti kepedulian FIFA atas bencana tsunami yang melanda Indonesia.

4. Stadion GOR Padjajaran Bogor


Stadion GOR Padjajaran Bogor (Foto: Istimewa)

Stadion Padjajaran yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat ini sebelumnya menjadi Markas klub PSB Bogor. Namun saat ini kondisi dari stadion ini terbengkalai dan cukup memprihatinkan. 

Bukan hanya itu, sejak tahun 1992 hingga saat ini stadion ini baru sekali direnovasi yaitu tepat pada tahun 2011. Dan saat itu yang dilakukan hanya pergantiann rumput saja, tidak meliputi infrastruktur stadion yang lainnya.

Baca Juga: 10 Stadion dengan Ruang Ganti Terbaik di Dunia, GBK Masuk Gak Ya?

5. Stadion Purnawarman Purwakarta


Stadion Purnawarman Purwakarta (Foto: Istimewa)

Stadion yang pernah digunakan oleh Pelita Jaya sebagai markas, digunakan pada tahun 2006-2007. Namun stadion Purnawarman saat ini terbengkalai dan sudah tidak digunakan.

Selepas 10 tahun lalu, rumput liar dan semua fasilitas sudah cukup berkarat.

Stadion ini sudah tak terurus karena Pelita Jaya sudah berganti nama dan tak menggunakan stadion ini sebagai markas lagi.
Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - WIL

Berita Terkait: