Pantau Flash
Mantan Presiden Marseille Meninggal Akibat Virus Korona
Kasus Positif Korona Meningkat, Rupiah Melemah Rp16.390 per Dolar
Alami Komplikasi Akibat Korona, Bintang 'Star Wars' Meninggal Dunia
Peneliti Indonesia Ikut Riset Gabungan Temuan Obat Covid-19 di Bawah WHO
Presiden Jokowi: Pemerintah dengan BI dan OJK Optimalkan Kebijakan Moneter

Enggan Kecewa, Jepang Optimis Olimpiade Berjalan Sukses

Enggan Kecewa, Jepang Optimis Olimpiade Berjalan Sukses Ilustrasi Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Presiden Komite Olimpiade Jepang Yasuhiro Yamashita pada Jumat mengakui bahwa keputusan menunda Olimpiade 2020 Tokyo karena pandemi virus korona lebih cepat dari yang diperkirakan. Namun ia ingin bahwa event itu akan sukses setelah satu tahun ditunda.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) memutuskan menunda Olimpiade 2020 sampai 2021 akibat pandemi virus korona atau COVID-19. Penundaan ini menjadi yang pertama kali dalam 124 tahun sejarah Olimpiade. 

Baca juga: Penundaan Olimpiade Disambut Baik, tapi...

Tekanan kian deras terhadap IOC ketika para atlet dan badan-badan olahraga marah karena keputusan itu terlalu lama diambil.

Namun Yamashita mengatakan kini saatnya untuk berpikir positif dan bersiap diri. Peraih medali emas Olimpiade 1984 Los Angeles, menyatakan bahwa satu tahun penundaan masih lebih baik ketimbang dua tahun penundaan mengingat proses kualifikasi ke Olimpiade.

Selain itu ia juga menghormati keputusan IOC yang dinilai terlalu cepat dalam mengambil keputusan penundaan dari perspektif mencapai Olimpiade yang "aman dan sempurna".

"Saya akan segera genap berusia 63 tahun dan terlalu banyak hal tak terbayangkan atau tak terkirakan dalam kehidupan ini," kata Yamashita yang tidak bisa tampil pada Olimpiade Moskow 1980 karena diboikot salah satunya oleh Jepang.

Baca juga: Olimpiade 2020 Tokyo Resmi Ditunda

"Saya sudah mengalami Olimpiade Moskow dan kali ini kembali ke situasi seperti itu," sambung dia seperti dikutip Reuters.

"Saya ingin melewati tantangan ini menuju ke tahun depan."

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: