Erick Thohir: 2018 Bukan Tahun Politik, tapi…

Erick Thohir foto bersama dengan Emtek Grup.  (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com Ketua Umum Inasgoc, Erick Thohir berharap 2018 tidak hanya menjadi tahun politik bagi Indonesia, melainkan olahraga. Ia berharap, dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bisa menjadi salah satu pemersatu bangsa.

Oleh karena itu, Emtek Grup ditunjuk sebagai official broadcasting untuk memudahkan masyarakat Tanah Air mengakses segala pertandingan maupun info mengenai Asian Games. Erick pun mengaku berterima kasih dengan bergabungnya Emtek. Ia melanjutkan, Emtek Grup dapat menyiarkan pertandingan sebanyak-banyaknya kepada masyarakat Indonesia yang haus akan olahraga.

Yang membedakan adalah Indonesia menjadi tuan rumah. Kapan lagi kami bisa membuat rakyat Indonesia menjadi satu bagian dengan event ini. Jadi ini harus menjadi satu bagian dari kami,” ujar Erick, Kamis (8/2/2018).

“Kapan lagi kami bisa membuat rakyat dan pemirsa jadi satu bagian dengan event ini. Mudah-mudahan tahun ini tahun olahraga, bukan tahun politik. Kapan lagi kami bisa dapat Asian Games dan ini juga bagian mempersatukan bangsa,” terangnya.

Indonesia saat ini tengah memasuki tahun krusial. Di mana 2018 terdapat dua agenda penting yang akan menghiasi Tanah Air sepanjang 2018. Dua event tersebut adalah Pilkada serentak serta gelaran Asian Games 2018. Seperti yang kita tahu, sejumlah daerah di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan beberapa provinsi lainnya akan menggelar pemilihan kepala daerah tahun ini. Di saat bersamaan, pesta olahraga terbesar se-Asia juga akan berlangsung pada Agustus 2018.

Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games yang berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018. Dua kota besar, yakni Jakarta dan Palembang akan menjadi lokasi perhelatan akbar itu. Persiapan terus dilakukan oleh Indonesia demi menjadi tuan rumah yang baik. Maklum, Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah Asian Games adalah pada tahun 1962.

Tak pelak, seluruh venue di kawasan Gelora Bung Karno direnovasi total demi suksesnya penyelenggaraan Asian Games ke-18. Tak kurang dana sekira Rp3 triliun untuk menyulap seluruh venue yang ada di kawasan GBK.

Selain itu, saat ini juga tengah berlangsung test event Road to Asian Games pada 8-15 Februari 2018. Terdapat delapan cabang olahraga yang ditampilkan di test event kali ini seperti, pencak silat, bola basket 5 on 5, panahan, taekwondo, bowling, tinju, atletik, serta voli indoor.

Test event ini akan menjadi tolak ukur bagaimana kesiapan Indonesia dalam menyambut Asian Games 2018. Pasalnya, dalam test event sudah mulai diterapkan beberapa hal seperti rekayasa lalu lintas, penggunaan wisma atlet, serta venue GBK yang baru selesai direnovasi.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta