Fans Nyalakan Flare, Persebaya Ketiban Sial

Pendukung Persebaya menyalakan flare. (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Pantau.com – Panitia pelaksana (Panpel) pertandingan Piala Presiden 2018 Grup C, menyesalkan adanya penyalaan “flare” di dalam tribun Stadion Gelora Bung Tomo,Surabaya. Akibatnya,  Persebaya dikenakan denda oleh Komisi Disiplin.

“Kami sangat menyesalkan, bahkan muncul sanksi yang diberikan panitia disiplin ke Persebaya,” ujar ketua panitia pelaksana pertandingan Grup C, Whisnu Sakti Buana, seperti dikutip dari Antara, Rabu (31/1/2018).

Baca Juga: Ketua SC Janji Jabarkan Semua Data Sepanjang Fase Grup Piala Presiden 2018 

 
Bajul Ijo -julukan Persebaya- wajib membayar denda sebesar Rp10 juta ke pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator turnamen pramusim itu. Hukuman yang diterima oleh Persebaya yakni menyalakan flare di laga Persebaya melawan Perseru Serui dalam laga lanjutan grup C Piala Presiden pada Selasa 23 Januari 2018.

Dari salinan surat keputusan Panitia Disiplin Piala Presiden, Persebaya dihukum karena melanggar Pasal 63 ayat 1 kode disiplin Piala Presiden terkait tingkah laku buruk penonton di atas tribun. Pihak panitia disiplin memberikan kesempatan kepada Persebaya untuk membayar denda paling lambat tujuh hari usai sanksi diterbitkan atau 5 Februari 2018.

Dalam salinan surat dituliskan, jika terjadi lagi pelanggaran serupa maka tak menutup kemungkinan The Green Force diberikan hukuman yang lebih berat. Whisnu menyanyangkan aksi yang dilakukan oleh salah satu oknum Bonek -fans Persebaya- yang membuat klubnya dihukum.

“Seharusnya mereka melakukan hal-hal yang positif dalam mendukung tim, bukan malah sebaliknya dengan menyalakan flare karena berbahaya juga untuk penonton lain,” ucap Wakil Wali Kota Surabaya tersebut.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta