FIFA Kagum dengan Budaya Rapi dan Bersih Timnas Jepang

Headline
Timnas JepangTimnas Jepang berhasil menundukkan Jerman 2-1 pada laga lanjutan Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam.

Pantau – Jepang menjadi sorotan ketika para penggemarnya tengah membersihkan sampah di tribun Khalifa International Stadium viral.

Tak hanya itu, foto-foto dari ruang ganti timnas Jepang ketika para pemainnya meninggalkan stadion yang tampak dalam kondisi bersih dan rapi, juga membuat publik terkesan.

Kekaguman bukan hanya disampaikan publik dan warganet. FIFA dalam unggahan di media sosialnya membagikan kebiasaan rapi dan bersih dari rakyat Jepang.

Baca juga Piala Dunia 2022: Jepang Sikat Jerman 2-1

Dalam unggahannya, FIFA terkesan melihat lantai ruang ganti yang telah disapu bersih, rompi dan handuk yang dilipat dalam tumpukan yang rapi, disertai dengan deretan origami angsa yang disimpan di samping catatan ucapan terima kasih kepada penyelenggara.

After an historic victory against Germany at the #FIFAWorldCup on Match Day 4, Japan fans cleaned up their rubbish in the stadium, whilst the @jfa_samuraiblue left their changing room at Khalifa International Stadium like this. Spotless.

Domo Arigato.๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต

Bagi orang Jepang, tradisi bersih-bersih merupakan hal yang lumrah dilakukan.

Di Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019, foto-foto ruang ganti disertai dengan ucapan terima kasih juga sempat menjadi sorotan dan membuat banyak orang terkesan dengan budaya unik Jepang.

Jepang akan melanjutkan laga Grup E Piala Dunia 2022 pada 27 November untuk menghadapi Kosta Rika, yang sebelumnya kalah telak 0-7 dari Spanyol pada pertandingan Rabu (23/11).

Jika Samurai Biru bisa memenangi pertandingan tersebut maka Jepang akan melaju ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan