FIFA Umumkan 16 Kota yang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Headline
Ilustrasi Piala Dunia/PixabayIlustrasi Piala Dunia/Pixabay

Pantau.com – FIFA mengumumkan kota-kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Turnamen sepak bola tertinggi itu akan diadakan di 3 tiga negara, yaitu Kanada, Amerika Serikat (AS) dan Meksiko.

Sebanyak 16 kota akan menjadi tuan rumah dari tiga negara itu, yaitu; Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York/New Jersey, Philadelphia, San Francisco, Seattle, Toronto dan Vancouver.

Soal tanggal dan kota mana yang akan menjadi tuan tumah untuk pertandingan babak penyisihan, petinggi FIFA mengatakan akan memutuskan hai itu dalam beberapa hari.

“Kami mengucapkan selamat kepada 16 kota yang terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA atas komitmen dan semangat mereka yang luar biasa,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino dalam siaran pers.

“Hari ini adalah hari bersejarah, untuk semua orang di kota dan negara bagian itu, untuk FIFA, untuk Kanada, AS, dan Meksiko yang akan menampilkan pertunjukan terbesar di Bumi. Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka,” lanjutnya.

Piala Dunia putra 2026 akan menjadi edisi pertama yang menampilkan 48 tim, dan ini adalah pertama kalinya pertandingan akan digelar di tiga negara.

Ini akan menjadi kedua kalinya AS menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah yang pertama pada tahun 1994, dan rekor ketiga kalinya bagi Meksiko, yang juga menjadi tuan rumah pada tahun 1970 dan 1986. Ini akan menjadi pertama kalinya pertandingan Piala Dunia Pria ini diadakan di Kanada, meskipun negara itu menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita pada tahun 2015.

Menurut sebuah studi Sepak Bola AS 2018, kota-kota tuan rumah dapat menuai keuntungan finansial yang besar.

Studi tersebut mengatakan bahwa kota-kota yang dipilih untuk menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia dapat meningkatkan sekitar $160 juta (sekitar Rp2,3 triliun) hingga $620 juta (sekitar Rp9,1 triliun) dalam kegiatan ekonominya, demikian dilansir dari CNN, Jumat (17/6/2022).

Tim Pantau