Genjot Latihan di Amerika, Tim Jetski Bidik Target Tinggi di Asian Games 2018

Headline
Ilustrasi Jetski. (Foto: Istimewa)

Pantau.com – Cabang olahraga (cabor) jetski membidik target tinggi di Asian Games 2018. Mereka tengah bersiap diri, salah satunya dengan mengenjot atletnya untuk latihan di Amerika Serikat.

“Tim jetski besok Kamis 1 Maret berangkat. Rencananya mereka akan berlatih cukup lama di AS,” kata Sekjen Indonesia, Jetsport Boating Association (IJBA) Rinaldy Duyo, Rabu (28/2/2018).

Ya, Jetski merupakan salah satu cabor yang diandalkan untuk meraih medali emas pada kejuaraan empat tahunan terbesar di Asia. Mengingat Indonesia mempunyai atlet-atlet potensial yang prestasinya sudah kelas dunia.

Atlet Indonesia yang bakal menjadi tumpuan di antaranya adalah kakak beradik Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar. Kedua atlet ini sudah kenyang pengalaman karena selama ini banyak turun di kejuaraan internasional termasuk kejuaraan dunia.

Baca Juga: KOI Adakan Rapat Anggota Tahunan, Apa Saja yang Dibahas?

Menurut Rinaldy Duyo, pemusatan latihan ini Amerika Serikat ini cukup lama karena pihaknya tidak ingin peluang untuk meraih medali emas terlepas. Sesuai dengan rencana, pemusatan latihan di Negeri Paman Sam itu akan berlangsung hingga Juli 2018.

“Target kita dua emas di Asian Games nanti. Makanya persiapan harus kami lakukan meski ada beberapa penyesuaian jadwal,” ujar pria yang juga menjadi manajer tim jetski itu.

Untuk menghadapi Asian Games 2018, IJBA mengajukan dana ke pemerintah lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebesar Rp25 miliar. Hanya saja, apa yang diajukan tidak sepenuhnya dipenuhi sama dengan cabang olahraga lainnya.

Untuk persiapan atlet dan pendukungnya, jetski akhirnya hanya mendapatkan dana dari pemerintah sebesar Rp12 miliar. Jika dilihat dari jumlah atlet yang hanya tiga orang, jumlah ini memang cukup besar. Namun, jika dihitung dengan peralatan dinilai masih kurang.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta