Pantau Flash
Bursa Saham Kawasan Naik, IHSG Menguat 15,07 Poin
Eijkman: Flu Babi Membawa Semua Gen yang Pernah Menimbulkan Pandemi
Sudah Ada 29.919 Orang di Indonesia yang Sembuh dari COVID-19
Nadiem Tegaskan Kebijakan: Belajar Merdeka Memiliki Daya Saing Kuat
Pratikno: Janagan Ribut Lagi Soal Reshuffle, Progres Kabinet Berjalan Bagus

Gubernur Sumsel Pede Stadion Jakabaring Akan Jadi Pilihan FIFA

Gubernur Sumsel Pede Stadion Jakabaring Akan Jadi Pilihan FIFA Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meninjau lapangan rumput Stadion Atletik di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu (28/6/2020), yang diproyeksikan untuk arena latihan tim peserta Piala Dunia U-20, Mei 2021. (Foto: Antara/Dolly Rosana)

Pantau.com - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru optimistis Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring bakal menjadi salah satu pilihan Federasi Sepak bola Dunia atau FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-20 pada Mei 2021.

Rasa optimistis orang nomor satu di Sumsel ini didasarkan pada sarana dan prasarana yang tersedia serta fasilitas pendukung di Kota Palembang sudah memenuhi dan cukup berpengalaman menggelar kejuaraan internasional termasuk Asian Games 2018.

“Jika ditinjau, saya lihat tidak ada masalah. Jika pun mau diperbaiki, hanya perbaikan ringan,” kata Herman Deru di sela meninjau Komplek Olahraga Jakabaring.

Baca juga: PSSI dan Shin Tae-yong Sepakat Berdamai

Sebelumnya, PSSI memproyeksikan enam stadion untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20 yaitu Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali .

Nantinya, FIFA akan meninjau keenam stadion tersebut pada September untuk menetapkan stadion yang layak menyelenggarakan ajang bergengsi itu yang bakal diikuti 24 negara itu.

Herman Deru berharap Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dengan kapasitas 23.000 tempat duduk dapat meraih sertifikasi FIFA tersebut. “Harapannya enam stadion ini bisa masuk semua, jika pun akhirnya dijadikan hanya empat stadion, ya saya kira Stadion Jakabaring bisa masuk,” kata dia menegaskan.

Baca juga: Komisi X DPR RI Apresiasi Pertemuan PSSI dan Shin Tae-yong

Menurutnya, keunggulan Sumsel juga terletak pada keberadaan Stadion Bumi Sriwijaya yang bisa dimanfaatkan untuk venue kedua. Stadion yang berada di tengah Kota Palembang itu, juga menjadi arena pertandingan sepak bola putri Asian Games 2018.

Selain itu, yang tidak boleh dianggap remeh yakni keberadaan dari Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di dalam Kompleks Olahraga Jakabaring yang memiliki arena berbagai cabang olahraga berstandar internasional berserta wisma atlet.

Terkait renovasi dan penambahan fasilitas pendukung, Herman Deru mengatakan dirinya akan menggandeng kalangan BUMD dan BUMN di Sumsel mengingat anggaran pemerintah yang terbatas. Bahkan Pemerintah Provinsi Sumsel akan melibatkan kalangan swasta mengingat bakal mendapatkan pemasukan berupa biaya sewa dari penggunaan stadion ini.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: