Pantau Flash
KPK Tetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Tersangka
Covid-19 RI 16 Oktober: Kasus Positif Naik 997 dengan Pasien Sembuh 1.525
Buntut Kabur Karantina, Polda Metro Jaya Bakal Periksa Rachel Vennya 21 Oktober
Polda Metro Gerebek Holywings Tebet, Ada Ratusan Orang Masih Berkerumun
Jokowi Ogah Manjakan BUMN Sakit: Terlalu Sering Dapat Proteksi, Maaf Enak Sekali

Habibie Wafat, Hendrawan Ungkap Kenangan di Piala Thomas 1998

Habibie Wafat, Hendrawan Ungkap Kenangan di Piala Thomas 1998 Hendrawan. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Wafatanya Presiden RI ke-3 BJ Habibie membuat mantan pebulu tangkis nasional, Hendrawan mengenang kemenangan tim Indonesia pada Piala Thomas 1998 yang ketika pulang ke Tanah Air diterima oleh Presiden Habibie.

Hendrawan mengatakan tim Indonesia berangkat ke Hong Kong untuk mengikuti putaran final Piala Thomas dilepas oleh Presiden Soeharto. Namun pulang disambut oleh Presiden BJ Habibie.

Saat itu, pada tahun 1998, Tim Piala Thomas Indonesia harus bertanding ketika Tanah Air mengalami kerusuhan massal yang memaksa turunnya Presiden Soeharto. Meski demikian Hendrawan dan kawan-kawan pulang membawa Piala Thomas setelah mengalahkan Malaysia di final.

Baca juga: Laga Persipura vs Persija, Para Pemain Heningkan Cipta untuk BJ Habibie

"Pak Habibie cuma bilang kepada Tim Piala Thomas yang juara pada situasi sulit. 'Sedikitnya bisa mengobati luka bangsa akibat kerusuhan'," kata Hendrawan mengenang peristiwa itu.

Sementara itu sejumlah atlet menyatakan rasa dukacita mendalam atas wafatnya Presiden Ketiga RI BJ Habibie yang tutup usia di RSPAD pada pukul 18.05 WIB, Rabu.

"Innalillahi wa inna ilaihi rooji'un tuurt berduka cita atas wafatnya Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie Presiden ke-3 Republik Indonesia," tulis juara Olimpiade 2016 Tontowi Ahmad melalui story di akun Instagramnya.

Hal serupa disampaikan peraih medali perunggu lompat jauh Asian Games 2018 Sapwaturrahman yang menulis dalam Instagram storynya "Selamat jalan Pak BJ Habibie Presiden Republik Indonesia ke-3". BJ Habibie wafat di RSPAD setelah menjalani perawatan intensif sejak awal September. Menurut rencana, jenazah Presiden RI ke-3 itu akan dimakamkan di TNMP Kalibata Jakarta, Kamis (12/9/2019) di sebelah pusara istri tercintanya Ainun Habibie di slot 120-121.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: