Pantau Flash
Rekor Harian Baru! Bertambah 2.657, Positif COVID-19 Tembus 70 Ribu
BKPM Pastikan Juli 2020 Sudah Ada Relokasi Pabrik
Erick Thohir Prediksi Ekonomi Pulih 100 persen di Tahun 2022
Menpan RB: SKB CPNS 2019 akan Digelar pada September-Oktober 2020
Jumlah Penumpang Tumbuh, Bos Garuda: Belum Sesuai Ekspektasi

Hasil Swab Test Asisten Pelatih Timnas Negatif COVID-19

Hasil Swab Test Asisten Pelatih Timnas Negatif COVID-19 Asisten pelatih timnas Indonesia Gong Oh-Kyun. (FOTO: ANTARA/HO/PSSI)

Pantau.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia Gong Oh-Kyun dinyatakan negatif terjangkit virus korona atau COVID-19 setelah menjalani swab test. Sebelumnya, asisten pelatih asal Korea Selatan ini menjalani test pada Sabtu lalu. 

"Begitu pelatih Gong Oh-kyun dinyatakan positif COVID-19 melalui dua kali 'rapid test' kami langsung melakukan 'swab test' dan hasilnya negatif. Hasil ini langsung kami laporkan ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan," ujar dokter PSSI Syarif Alwi.

Baca juga: Bali United Diliburkan, Teco Pilih Menetap di Pulau Dewata

Sebelumnya, pada Sabtu 4 April 2020, PSSI memang menyatakan bahwa hasil dua kali tes cepat menyatakan Gong positif terjangkit virus korona COVID-19. Ia pun langsung dirawat di rumah sakit.

Syarif melanjutkan, dalam rangkaian tes seka (swab), sampel tubuh yang diambil dari tenggorokan, mulut dan hidung diuji dengan metode reaksi berantai polimerase (PCR). Di PCR inilah akan terlihat apakah di tubuh seseorang terdapat virus corona penyebab COVID-19 atau tidak.

Meski negatif COVID-19, Syarif Alwi menegaskan bahwa pihaknya terus memantau kondisi Gong. "Pelatih Gong Oh-kyun langsung diperbolehkan pulang dari rumah sakit mulai hari ini dan sampai sekarang kondisinya baik-baik saja," kata Syarif.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun senang dengan hasil swab Gong Oh-Kyun. Dia pun berharap empat pelatih timnas Indonesia lain yang saat ini kembali ke Korea Selatan juga dalam kondisi sehat sampai kembali lagi ke Tanah Air.

Baca juga: Seorang Pemain Persib Bandung Dinyatakan Positif Korona

"Semoga kondisi empat pelatih timnas yang sedang pulang ke Korsel terjaga baik hingga nanti dapat kembali ke Indonesia untuk mempersiapkan timnas menghadapi berbagai agenda sepak bola internasional setelah pandemi virus corona berakhir," tutur Iriawan.

Pada Jumat 3 April 2020, empat pelatih timnas dari Korea Selatan yakni manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong dan tiga asistennya Kim Hae-Woon, Kim Woo-Jae dan Lee Jae-Hong pulang ke kampung halamannya setelah dinyatakan negatif dalam dua kali tes cepat yang dilakukan di Jakarta.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: