INAPGOC Minta Komite Paralimpiade Asia untuk Alokasikan Atlet Indonesia

Asian Para Games. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)Asian Para Games. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com – Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) meminta Komite Paralimpiade Asia (APC) mengalokasikan atlet-atlet Indonesia dalam setiap nomor pertandingan dalam Asian Para Games ketiga itu. Hal tersebut diungkapkan oleh Raja Sapta Oktohari.


“Kami mendapat surat dari APC terkait nomor-nomor pertandingan dalam Asian Para Games yang juga menjadi ajang kualifikasi Paralimpiade Tokyo 2020. Kami meminta APC untuk menempatkan atlet Indonesia dalam setiap nomor pertandingan itu,” ujar Sapta Oktohari seperti dikutip dari Antara, Senin (5/2/2018).


“Seandainya atlet-atlet paragame kami tidak dapat mengikuti pertandingan pada nomor-nomor kualifikasi Paralimpiade 2020, kami merasa tidak diperlakukan adil. Tapi, APC sudah memberikan komitmen mereka secara lisan untuk menempatkan kehadiran wakil Indonesia,” tambahnya.


Kendati demikian, Okto meminta komitmen APC secara tertulis untuk menempatkan wakil kontingen Merah Putih dalam setiap nomor pertandingan Asian Para Games 2018. “Mekanisme keikutsertaan atlet-atlet kami dapat berupa undangan, tiket, atau alokasi tuan rumah sehingga kami lebih fokus untuk menyiapkan penyelenggaraan APG 2018,” ujar Okto.


Selain permintaan alokasi atlet-atlet paragames nasional, INAPGOC juga akan menyiapkan kejuaraan uji coba untuk sejumlah cabang olahraga dalam Asian Para Games. Nanti pihaknya akan menentukan nomor mana saja yang akan mengikuti practice kejuaraan.


“Kami akan menentukan nomor-nomor pertandingan yang memang layak untuk menggelar kejuaraan uji coba, terutama untuk cabang atletik dan renang. Kami masih akan menentukan waktu penyelenggaraan,” ujar Okto.


Sebelumnya, INAPGOC mengagendakan kejuaraan uji coba untuk lima cabang olahraga yang akan berlangsung di Jakarta pada April atau Mei 2018. Seperti yang diungkapkan Taufik Yudi selaku Deputi I Bidang Operasional Pertandingan INAPGOC.


“Kami akan menggunakan sejumlah venue di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Kami masih mengidentifikasi nomor-nomor pertandingan yang layak sebagai kejuaraan uji coba sebagai orientasi kesiapan panitia penyelenggara,” kata Yudi.


Lima cabang olahraga Asian Para Games akan melangsungkan kejuaraan uji coba pada April atau Mei hingga Juni 2018. Cabang olahraga tersebut yaitu bola basket kursi roda, bulu tangkis, para atletik, para renang, dan tenis meja kursi roda.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta