Indonesia Kuasai Final Pencak Silat di Test Event Asian Games 2018

Pencak Silat. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com Indonesia berhasil menguasai partai final untuk cabang olahraga (cabor) pencak silat di test event Road to Asian Games 2018. Tim Merah Putih berhasil menempatkan empat wakilnya di partai final pada pertandingan yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (13/2/2018).

Keempat pesilat yang berhasil melenggang ke partai final yakni Iqbal Candra Pratama (kelas D pria), Abdul Malik, (kelas B pria), Pipiet Kamelia (kelas D wanita), serta Eko Febrianto (kelas J pria).

Iqbal Candra menjadi pesilat pertama yang memastikan diri ke final hari ini. Pesilat asal Kalimantan Timur tersebut berhasil mengalahkan Mino Vongpakdy dengan skor akhir 5-0.

Selanjutnya, giliran Abdul Malik yang memastikan tiket ke babak final. Di fase empat besar, ia sukses mengalahkan pemegang medali emas Sea Games, Muhammad Faizul bin Abdul Nasir dengan angka 1-4.  Pipiet Kamelia berhasil menyusul dua wakil Indonesia lainnya ke babak final. Pesilat berhijab ini mampu menumbangkan wakil Singapura, Nurul Suhaila bin Mohamed Saiful dengan skor telak 5-0.

Eko Febrianto menjadi nama terakhir wakil Indonesia yang lolos ke babak final. Turun di kelas J pria, ia mampu mengalahkan pesilat Krygysztan, Asan Shamshedin Uulu dengan keunggulan 5-0. Sebenarnya, Indonesia memiliki satu wakil lagi di babak semifinal hari ini, yakni Selly Andriani. Sayang, ia gagal melaju ke babak final setelah takluk 0-5 dari pesilat Malaysia, Siti Shazwana.

Dengan hasil ini, maka Indonesia memiliki delapan wakil yang akan berlaga di partai final nomor event peetandingan. Sebelumnya, ada empat wakil Merah Putih yang lolos ke final yakni Octaviani Nirmalasari (kelas B wanita), Ausri Bayusro (kelas I pria), Muhammad Yachser Arafa (kelas C pria), Komang Harik Adi Putra (kelas E pria).
Hanya dua nomor Indonesia yang tidak memiliki wakil di final. Mereka adalah Amri Rusdana yang turun di kelas F pria, serta Selly yang kalah hari ini.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta