Indonesia Pastikan Satu Tiket Final Indonesia Master 2018

Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad. (Foto: Reza Saputra/Pantau.com)

Pantau.com – Indonesia dipastikan memiliki wakil pada nomor ganda campuran di Indonesia Master 2018. Kepastian tersebut didapatkan usai Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengalahkan Zhang Nan/Liu Xuanxuan pada babak perempatfinal dengan 21-18, 21-19, Jumat (26/1/2018).

Tampil di depan pendukungnya membuat Owi/Butet – sapaan akrab Tontowi/Liliyana – tampil percaya diri. Namun, kesalahan-kesalahan mendasar membuat pasangan peringkat tiga dunia itu kerap kali kehilangan poin. Beruntung, mereka mampu merebut set pertama dengan 21-18.

Baca Juga: Histerisnya Para Fans Diajak Berswafoto Bareng Liliyana Natsir

Memasuki set kedua, Owi/Butet mulai menunjukkan permainan terbaiknya. Smash-smash keras yang dilancarkan Owi sukses memberikan poin di set kedua.

Namun, petaka datang saat Owi/Butet unggul 17-13. Kesalahan-kesalahan yang kembali dilakukan, ditambah padunya permainan Zhang/Liu membuat wakil China itu mampu bangkit dan menyamakan kedudukan di 19-19.

Meski begitu, Owi/Butet mencoba tidak panik. Keduanya mencoba menerapkan strategi berbeda dan akhirnya sukses merebut gim kedua dengan 21-19.

“Seperti kita tahu Zhang Nan itu pemain pengalaman, tidak gampang dimatikan. Kami unggul tapi sempat ke kejar juga. Dan memang dari pertama kami sudah mempelajari permainannya dan Liu Xuanxuan,” ujar Owi.

“Agak lengah sedikit saja. Dua poin mereka dapat dengan mudah. Jadi murni itu kesalahan kami, bukan karena mereka. Pas poin 19 sama itu ya saya berusaha mengubah pola permainan lagi dan berhasil,” tambah Butet.

Baca Juga: Keangkeran Istora Hampir Membunuh Owi/Butet

Dengan hasil ini, maka Owi/Butet berhak atas tiket ke semifinal. Di babak empat besar, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu akan bertemu sesama wakil Indonesia, Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami atau Preveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang akan bermain sore ini.

Mengingat lawan yang akan dihadapi Owi/Butet di semifinal merupakan rekan senegara, maka Indonesia dipastikan memiliki satu wakil pada partai final Indonesia Master 2018 dari nomor ganda campuran.

Meski bertemu rekan senegara, Owi/Butet tidak ingin jemawa. Pasalnya, mereka merasa lebih sulit untuk melawan rekan sendiri.

“Seperti yang saya bilang, bertemu teman sendiri bakal lebih susah karena sudah sama-sama tahu, tapi positifnya sudah pasti satu ke final dan kami besok pastinya ingin menang dan berusaha lebih baik hari ini,” jelas Butet.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta