Indonesia Tuan Rumah, Piala Dunia U-20 Digelar 20 Mei hingga 11 Juni 2023

Foto aerial renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U20 2021 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (25/12/2020). FIFA memutuskan untuk mengundur pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang semula akan diselenggarakan di Indonesia tahun 2021 menjadi tahun 2023. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)Foto aerial renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U20 2021 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (25/12/2020). FIFA memutuskan untuk mengundur pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang semula akan diselenggarakan di Indonesia tahun 2021 menjadi tahun 2023. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Pantau.com – PSSI memastikan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia akan dimulai tepat pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yaitu pada 20 Mei dan berakhir pada 11 Juni 2023.

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Jumat (24/6/2022), PSSI menyebut bahwa keputusan terkait jadwal tersebut diambil oleh Biro Dewan FIFA, yang terdiri dari Presiden FIFA dan enam Presiden Konfederasi.

“Tanggal 20 Mei 2023 yang menjadi momen ‘kick off’ Piala Dunia U-20 merupakan tanggal penting bagi bangsa Indonesia karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Turnamen itu bisa menjadi momen kebangkitan bangsa Indonesia melalui sepak bola,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan pun berharap Piala Dunia U-20 dapat membawa kebaikan untuk Indonesia, baik dari sisi olahraga maupun non-olahraga termasuk ekonomi dan sosial.

Sementara Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menegaskan bahwa PSSI yakin Indonesia dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang baik.

“InsyaAllah kita mampu dan sukses menyelenggarakan Piala Dunia U-20 nanti,” tutur Yunus.

PSSI juga berjanji untuk terus berkoordinasi dengan FIFA dan pemerintah agar kompetisi dapat berjalan lancar.

Indonesia, kata Wakil Sekretaris Jenderal PSSI sekaligus Pimpinan Proyek Panitia Lokal Piala Dunia U-20 2023 Maaike Ira Puspita, bertekad menunjukkan jati diri yang sebenarnya kepada dunia internasional.

“Indonesia adalah negara besar yang siap bangkit dan menunjukkan jati diri yang sesungguhnya kepada dunia. Seperti raksasa yang bangkit dari tidurnya. Panitia lokal akan terus berkoordinasi dengan FIFA dan pemerintah, khususnya persiapan infrastruktur dan persiapan penyelenggaraan,” kata Maaike.

Sebelumnya, pada 8-17 Juni 2022, FIFA sudah melakukan pengecekan terhadap enam stadion dan lapangan pendukung untuk Piala Dunia U-20 2023. Hasilnya, FIFA merasa terkesan tetapi meminta agar dilakukan perbaikan-perbaikan pada beberapa aspek.

Adapun enam stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara