Pantau Flash
Indonesia Siapkan Nuklir untuk Perangi Kelaparan
PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang hingga 23 Desember 2020
BI: Uang Beredar pada Oktober 2020 Naik Jadi Rp6.780,8 Triliun
Korban Tewas Kecelakaan di Tol Cipali KM 78 Berjumlah 10 Orang
Kematian Diego Maradona Seret Dokter Pribadi Leopoldo Luque

Ini 6 Tunggal Putra Indonesia yang Pernah Juara China Open

Ini 6 Tunggal Putra Indonesia yang Pernah Juara China Open Anthony Ginting Sinisuka. (Foto: Antara)

Pantau.com - Tunggal putra Indonesia pernah meraih hasil cemerlang ketika mentas China Open. Nama pebulutangkis terbaik Tanah Air pernah mencicipi manisnya naik podium pertama di ajang tersebut.

Pada tahun ini, wakil Indonesia pada nomor tunggal putra diharapkan bisa mencatatkan prestasi manis China Open. Bukan tanpa alasan, Tim Merah Putih menurunkan pemain-pemain terbaiknya, seperti Anthony Sinisuka Ginting hingga Jonatan Christie.

Untuk berbicara lebih lanjut mengenai langkah para atelt bulu tangkis Tanah Air di China Open, kita simak tunggal putra Indonesia yang pernah merengkuh gelar juara di turnamen super 1000 itu.

Berikut 6 Tunggal Putra Indonesia yang Pernah Menjuarai China Open;

1. Icuk Sugiarto

Icuk Sugiarto. (Foto: Istimewa)

Icuk Sugiarto merupakan juara dunia bulu tangkis tahun 1983, yang juga adalah legenda tunggal putra bulu tangkis Indonesia. Ia bersama Liem Swie King, Lius Pongoh, Hastomo Arbi, dan Kartono mengharumkan nama Tanah Air di pentas dunia.

Hebatnya, Icuk menjuarai China Open pada edisi perdana yakni pada 1986. Selama berkarir, ayah dari Tommy Sugiarto ini telah menyabet sekitar 32 gelar juara.

Baca juga: All England, Turnamen Tertua yang Sempat Mandek

2. Ardy Bernardus Wiranata

Ardy B Wiranata. (Foto: Istimewa)

Di urutan berikutnya ada Ardy Bernardus Wiranata. Ia pernah mencicipi manisnya naik podium pertama di pentas China Open pada 1989.

Itu menjadi gelar juara satu-satunya yang didapatkan Indonesia pada ajang China Open 1989. Untuk empat nomor lainnya, gelar juara didapat wakil dari China, Malaysia, dan Korea Selatan.
3. Hermawanto Susanto

Hermawan Susanto. (Foto: Istimewa)

Atlet tunggal putra, Hermawanto Susanto sukses membawa harum nama Indonesia di pentas China Open dengan merengkuh gelar juara pada 1992.

Kesuksesan Hermawanto merengkuh gelar juara kala itu melanjutkan tren positifnya di nomor tunggal putra. Sebab, dalam dua musim beruntun, gelar juara berhasil direngkuh dari nomor tersebut, meski dengan wakil yang berbeda.
4. Joko Suprianto

Joko Suprianto. (Foto: Istimewa)

Pada tahun berikutnya, Indonesia kembali berhasil merengkuh gelar juara di pentas China Open. Kali ini bukan lewat Hermawanto Susanto atau Ardy Bernardus Wiranata, tetapi direngkuh Joko Suprianto.

Pada gelaran China Open 1993, Joko bukan satu-satunya wakil Tanah Air yang bisa meraih gelar juara. Pada tahun tersebut, wakil Indonesia dari nomor ganda putra, Rudy Gunawan/Bambang Suprianto, berhasil keluar sebagai champions.

Baca juga: Pantau Grafis: Anthony Ginting, 'Pembunuh' 4 Juara Dunia di China Open 2018

5. Alan Budikusuma


Pada turnamen China Open edisi 1994, giliran Alan Budikusuma yang meraih gelar juara. Ini bukanlah yang pertama kalinya prestasi Alan dari turnamen China Open. Pada 1991, ia juga berhasil meraih gelar juara serupa.

Gelar yang diraih Alan pada China Open 1994 jadi satu-satunya yang didapat Indonesia. Pada empat sektor lainnya, gelar juara diraih oleh wakil dari Korea Selatan, China, dan Denmark.

6. Anthony Sinisuka Ginting

Ginting juara China Open 2018 (Foto: Antara)

Untuk nama terakhir adalah Anthony Sinisuka Ginting yang saat ini masih aktif. Setelah puasa gelar di China Open, akhirnya juara kembali ke pangkuan Indonesia lewat Ginting di gelaran China Open 2018.

Untuk bisa menyegel gelar juara di ajang China Open musim lalu, Anthony harus menumbangkan pemain-pemain top dunia. Sebut saja, mulai dari Lin Dan, Viktor Axelsen, Chen Long, Chou Tien Chen, hingga menumbangkan Kento Momota di partai puncak.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - RZS

Berita Terkait: