Pantau Flash
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020
Lion Air Hentikan Sementara Penerbangan Umrah ke Arab Saudi
3 Induk Cabor Tanda Tangan MoU Dana Pelatnas 2020

Ini Alasan Liga 2 Tanpa Pemain Asing

Headline
Ini Alasan Liga 2 Tanpa Pemain Asing Liga 2. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Direktur Interim PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit memastikan, dalam regulasi Liga 2 2019, setiap klub dilarang untuk menggunakan jasa pemain asing. Keputusan tersebut dianggap bisa memberatkan keuangan klub yang ikut berpartisipasi.

Apalagi setiap klub peserta Liga 2 2019 hanya diberikan dana subsidi sebesar Rp1 Miliar oleh PT LIB. Bahkan jumlah tersebut menurun dari musim lalu yang menyentuh angka Rp2,5 miliar. Praktis, LIB sebagai operator melarang adanya pemain asing untuk setiap klub yang akan mengikuti ajang tersebut.

"Belum, banyak hal yang kami pertimbangkan untuk masalah ini karena kalau saya lihat Liga 2 ini kekuatan klubnya dan pemain lokal yang ada," ujar Dirk Soplanit, saat ditemui di Grand Kemang, Jakarta Selatan, Senin, 27 Mei 2019.

Baca Juga: LIB Belum Resmikan 2 Nama Baru Klub di Liga 2, Kenapa?

"Kami juga belum bisa menerapkan kompetisi Liga 2 2019 ini dengan satu wilayah, jadi kami menjadi dua wilayah untuk tidak memberatkan klub," tambahnya.

Meskipun tanpa pemain asing, klub Liga 2 2019 juga dipersilahkan untuk menggunakan jasa pemain naturalisasi. Seperti diketahui bahwa banyak juga klub yang saat ini sedang menyiasati cara tersebut, salah satunya Sriwijaya FC.

Klub yang baru saja terdegradasi tersebut memang masih banyak pemain asing yang ikut membela seperti musim lalu, sehingga untuk saat ini mereka pun melakukan pemangkasan pemain. 

Baca juga: PSSI Harapkan LIB Lebih Sigap Jelang Kick-off Liga 2

"Jadi kalau sampai menggunakan pemain asing itu masih agak berat menurut kami," ungkapnya.

Dirk Soplanit juga mengatakan bahwa ada pembatasan usia dalam sebuah klub Liga 2 2019. Salah satunya setiap tim hanya diperbolehkan untuk menggunakan tiga pemain di atas usia 35.

"Jadi hanya boleh ada tiga pemain di atas U-35, sisanya sama semua dengan regulasi musim lalu," tuntasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Reporter
Willa Wildayanti
Category
Olahraga

Berita Terkait: