Ini Janji Menpora Jika Pencak Silat Masuk Olimpiade

Imam Nahrawi. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com Olahraga pencak silat akhirnya resmi masuk di ajang Asian Games 2018, yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Meski olahraga asli Indonesia ini berhasil menembus level Asia, ternyata belum membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi puas. Ia bertekad untuk membawa pencak silat ke pentas dunia sehingga dapat dipertandingkan di Olimpiade.

Namun, hal tersebut tidak lah mudah. Pasalnya dibutuhkan minimal 70 negara bagi setiap olahraga yang ingin dipertandingkan di Olimpiade. Sementara itu, sejauh ini baru sekitar 50 negara yang baru memiliki federasi pencak silat.

“Saya belum puas kalau (pencak silat) hanya masuk di Asian Games. Saya akan sujud syukur kalau masuk di Olmpiade dan itu jadi harapan kami semua karena akan menjadi hal baru dalam sejarah sport olimpic kalau pencak silat dipertandingkan (di Olimpiade),” ungkap Imam saat meninjau test event pencak silat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (11/2/2018).

Ia juga meminta seluruh duta besar Indonesia serta Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) untuk berusaha memperkenalkan pencak silat di kancah dunia.

“Para Duta Besar Indonesia di luar negeri ayo kampanyekan silat. Sekaligus saya minta ke IPSI untuk menyiapkan banyak pelatih yang akan kami kirim ke negara-negara yang belum ada federasinya. Tentu melalui kesempatan baik ini juga, silat harus jadi diplomasi Indonesia di dunia internasional,” paparnya

Tim Pantau
Editor
Dera Endah Nirani