Pantau Flash
Stadion Klabat Jadi Kandang Persipura di Liga 1 Musim 2020
Zidane: Guardiola Pelatih Terbaik Dunia
Budi Karya: Pemerintah Akan Gelar Sayembara Desain Bandara Ibu Kota Baru
Virus Korona Telah Sampai Amerika Selatan, Brazil Konfirmasi Korban Pertama
Indonesia Keluar dari Negara Berkembang, Menperin: RI Perlu Persiapan

Ini Kata Menpora Terkait Target Indonesia di SEA Games 2019

Ini Kata Menpora Terkait Target Indonesia di SEA Games 2019 Menpora, Imam Nahrawi (Foto: Pantau.com/Willa Wildayanti)

Pantau.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menargetkan Indonesia meraih posisi yang lebih baik pada gelaran SEA Games 2019 Filipina. Dimana pada edisi sebelumnya, kontingen Merah Putih menempati posisi lima pada SEA Games 2017 Malaysia.

Indonesia hanya mampu menempati posisi lima pada SEA Games 2017 Malaysia dengan raihan 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Sementara Malaysia keluar sebagai juara umum dengan catatan 145 emas, 92 perak, serta 86 perunggu.

Baca juga: PP Pelti Targetkan 2 Medali Emas di SEA Games 2019

Selain itu, kata Imam, gelaran SEA Games tahun ini juga bisa menjadi batu loncatan bagi para atlet muda Tanah Air. Pasalnya, Menteri asal Bangkalan itu mengungkapkan target Indonesia saat ini sudah lebih tinggi yakni Asian Games atau Olimpiade.

Meski hanya menurunkan atlet muda, Imam optimis Indonesia bisa meraih prestasi di ajang SEA Games 2019. Oleh karena itu, dia meminta kepada seluruh pihak untuk tidak memandang sebelah mata atlet-atlet junior Merah Putih.

“Target kita setidaknya lebih baik dari SEA Games sebelumnya dan menjadi pengalaman bagi atlet muda. Kita tidak boleh meremehkan atlet-atlet junior kita,” ucap Imam saat ditemui di Wisma Kemenpora, Selasa, 11 Juni 2019.

“Ini juga menjadi pembuktian bagi atlet junior kita agar lebih banyak pengalaman serta peningkatan prestasi. Karena seperti yang kita tahu, Pemerintah sudah memutuskan bahwa target Pemerintah sudah bukan SEA Games, tapi Asian Games dan Olimpiade,” sambung Imam.

Di sisi lain, dengan persiapan yang hanya tinggal lima bulan, Indonesia belum menentukan siapa yang akan menjadi Chief de Mission (CdM) SEA Games 2019. Sejauh ini nama Ketua Umum PB PABBSI Roslan Roeslani kerap disebut-sebut akan menjadi CdM untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2019, November mendatang.

Baca juga: Rosan Roeslani Jadi CdM SEA Games 2019?

“Yang pasti setidaknya pernah memimpin cabang olahraga agar ada kedekatan emosional, pengalaman me-manage, sampai tahu tentang kebutuhan atlet, kebutuhan tim dan teknis di lapangan, itu penting sekali,” jelas Imam.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: