Kalahkan India, Indonesia Rebut Emas Test Event Bola Basket

Timnas Basket Indonesia raih emas di test event Asian Games 2018. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com Indonesia berhasil menambah perolehan medali emas di ajang test event Road to Asian Games 2018. Kali ini, medali emas datang dari cabang olahraga (cabor) bola basket.

Timnas Indonesia sukses menjadi juara setelah mengalahkan India pada partai final yang berlangsung di Hall A Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (12/2/2018). Menekan sejak awal, Tim Merah Putih menang dengan skor 78-68.

Indonesia yang mengenakan seragam merah-merah langsung menggebrak di awal quarter pertama. Lemparan tiga angka, serta bola lay-up yang diperagakan membuat tuan rumah unggul 13-7.

India mencoba membalas. Lemparan tiga angka serta tembakan penalti Annadurai Aravind membuat tim tamu memperkecil ketertinggalan menjadi 14-15. India terus menekan pertahanan Indonesia. Meski sempat tertinggal 16-21, anak asuh Rajinder Singh mampu menutup quarter pertama dengan kedudukan 20-21.

Selepas istirahat, skuad Merah Putih kembali menunjukkan dominasinya. Tim besutan Fictor Roring ini sukses merebut enam poin beruntun yang sekaligus mengubah perolehan poin menjadi 27-21. Namun lagi-lagi, India tidak membiarkan Indonesia menang mudah di final kali ini. Tembakan three point dari Joginder Singh mampu membawa tim tamu untuk pertama kalinya memimpin atas tuan rumah dengan 28-27.

Meski begitu, Indonesia juga mampu membalas. Tembakan tiga angka dari Prastawa Dhyaksa membawa Merah Putih kembali memimpin dengan 30-28 sebelum akhirnya menutup quarter kedua dengan keunggulan 39-30. Memasuki quarter ketiga, kedua tim kembali menunjukkan permainan terbuka. Tembakan three point dari Valentino Wuwungan dan Prastawa Dhyaksa membawa tuan rumah unggul jauh 53-37.

Indonesia semakin di atas angin. Sayang, beberapa kali tembakan tiga angka yang dilepaskan pemain tuan rumah gagal mendulang poin. Beruntung, tembakan penalti yang dilepaskan Andre Johson sukses membawa tuan rumah unggul 58-45 di akhir quarter ketiga.

Di quarter penentuan, India coba memberikan perlawanan. Satu tembakan three point dari sang kapten, Yadwinder Singh mengubah skor sementara jadi 50-61. Tim tamu terus menekan di quarter terakhir. Kembali, Yadwinder memberikan shock terapi dengan lemparan tiga angka yang mengubah skor jadi 60-67.

India benar-benar memainkan permainan terbaiknya di tiga menit sisa quarter keempat. Satu layout mampu menghasilkan poin jadi 65-69. Beruntung, Indonesia mampu keluar dari tekanan. Tiga bola yang dilepaskan Adhi Pratama mampu membawa Merah Putih kembali menjauh dengan 75-65 sebelum akhirnya menutup pertandingan dengan 78-68.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta