Pantau Flash
Jokowi: Pembebasan Hanya untuk Napi Umum, Bukan Koruptor!
Harga Emas Antam Turun Jadi Rp931.000 per Gram
Mendes PDTT Perbolehkan Dana Desa untuk Bangun Pos Jaga di Gerbang Desa
Rupiah Terkoreksi Melemah di Awal Pekan, Rp16.500 per Dolar
Kasus Positif Korona di Jakarta Tembus 1.000, 126 Orang Tercatat Meninggal

KPAI Buat PD Djarum Stop Audisi Bulutangkis, #PBDjarumJanganPamit Menggema

Headline
KPAI Buat PD Djarum Stop Audisi Bulutangkis, #PBDjarumJanganPamit Menggema Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin (kanan). (Foto: Antara)

Pantau.com - PB Djarum mengumumkan akan menghentikan audisi umum bulutangkis pada 2020, sehingga penyelenggaraan tahun ini akan jadi yang terakhir.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin menegaskan bahwa pihaknya menghentikan proses audisi umum beasiswa bulutangkis pada 2020 karena berbagai alasan dan bersifat final.

"Kalau sekarang ini saya jawab iya, final, tahun 2019 ini akan menjadi audisi terakhir," katanya di sela audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum di GOR Satria, Purwokerto, Jawa Tengah.

Baca juga: Usai Hendra, Giliran Ahsan Diguyur Bonus Ratusan Juta dari Klub dan Sponsor

Menurut dia, keputusan itu diambil menyusul adanya permintaan dari kementerian/lembaga yang dimotori Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) agar Djarum Foundation menghentikan penggunaan anak sebagai media promosi citra merek dagang rokok Djarum melalui audisi beasiswa bulu tangkis.

"Keputusan untuk menghentikan audisi baru kita putuskan sejak rapat hari Rabu (4/9) lalu, tapi ini bukan keputusan emosional, ini sangat rasional," katanya menambahkan.

Yoppy menyayangkan jika program audisi umum dianggap mengeksploitasi anak. Apalagi sudah banyak juara yang lahir dari program tersebut yang salah satunya pemain peringkat satu ganda putra, Kevin Sanjaya.

"Semangat kami adalah semangat untuk menjaring calon bintang bulu tangkis masa depan, lewat audisi umum beasiswa bulutangkis, semangat yang ada dalam setiap audisi adalah sportivitas, jangan dibawa-bawa ke ranah yang tidak ada kaitannya dengan sportivitas," katanya.

Meski menghentikan program audisi umum beasiswa bulu tangkis per 2020, pihaknya saat ini sudah menyiapkan program lain yang berkaitan dengan olahraga. Hanya saja Yoppy belum memberikan penjelasan secara detail.

Baca juga: Lahirkan Atlet Potensial, PB Djarum Ikat 2 Pelatih Nasional

Sontak keputusan menyedihkan itu mendapat dukungan dari pencinta bulu tangkis nasional dan netizen. Di laman media sosial twitter misalnya, tagar #PBDjarumJanganPamit masuk jajaran trending topic Indonesia. Tagar itu telah dicuitkan lebih dari lima ribu kali.

Kebanyakan menyayangkan keputusan PB Djarum dan ada juga yang menyinggung KPAI dan Lentera Anak yang disebut tak dapat menghasilkan apapun.

Akun @Riskyputra_id menuliskan, "Apa iya pas pake baju yang ada tulisan DJARUM anak" yg ikutan beasiswa PBDjarum jadi perokok? Itu anggota KPAI pemikirannya sempit ya. #PBDjarumJanganPamit" 

Ada juga yang mengunggah foto jebolan audisi Djarum, Kevin Sanjaya, seperti akun @FalFauzia yang menuliskan, " Jangan pamit , kami masih butuh kalian untuk menghasilkan juara-juara seoerti Kevin Sanjaya dan Babah Ahsan #PBDjarumJanganPamit."


Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: