Kualifikasi Piala Asia U-17 Grup B Digelar Tanpa Penonton di Stadion, Dampak Tragedi Kanjuruhan

Headline
Arsip - Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI Budiman Dalimunthe. ANTARA/Michael SiahaanArsip - Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI Budiman Dalimunthe. ANTARA/Michael Siahaan

Pantau – Semua pertandingan Grup B kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang mulai berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (3/10/2022), digelar tanpa penonton di stadion.

Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI Budiman Dalimunthe kepada ANTARA di Jakarta, mengatakan kebijakan ini diambil untuk menghormati pihak-pihak yang berduka akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu malam (1/10/2022).

Meski begitu, kata Budiman, bagi yang sudah membeli tiket bisa dikembalikan. Pengembalian bisa dilakukan melalui perusahaan aplikasi rekanan PSSI.

“Untuk yang sudah membeli tiket, tata cara pengembalian uang telah diberitahukan melalui surat elektronik,” kata Budiman.

Budiman menjelaskan, pembeli diharuskan mengisi dokumen daring yang dikirim melalui surat elektronik. Setelah itu, uang akan dikembalikan dalam jangka waktu 14 hari kerja.

Tragedi di Kanjuruhan yang terjadi setelah laga Liga 1 Indonesia 2022-2023 antara Arema FC versus Persebaya, mengakibatkan 125 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya dirawat di rumah sakit.

“Suporter sepak bola Indonesia berduka,” kata Budiman.

Di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Indonesia bergabung di Grup B bersama Malaysia, Palestina, Guam dan UEA.

Pada laga pertama Indonesia akan melawan Guam. Dua hari kemudian skuad “Garuda Asia” menghadapi UEA, menjajal kekuatan Palestina pada Jumat (7/10) dan, terakhir, bersua Malaysia pada Minggu (9/10). Seluruh laga tersebut di Stadion Pakansari mulai pukul 20.00 WIB.

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 diikuti oleh 44 negara yang dibagi ke dalam 10 grup. Nantinya, juara grup dan lima peringkat kedua terbaik berhak tampil di putaran final bersama tuan rumah Piala Asia U-17 2023 Bahrain.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan