Laga Big Match Persib Vs Persija Ditunda Imbas Tragedi Kanjuruhan yang Menewaskan 129 Orang

Headline
Dua pemain Persib Bandung menghalangi laju pemain Persija Jakarta. (Foto: Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Pantau – Laga antara Persib Bandung dan Persija Jakarta ditunda hingga waktu yang belum ditentukan sebagai dampak dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (1/10/2022), yang menewaskan 129 orang.

Oleh karena itu, Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo meminta para pendukung Persib atau Bobotoh untuk tidak hadir ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat.

“Dari PSSI, kemudian PT LIB, kemudian juga dari panitia, dan dari Mabes Polri; sehingga diatensi untuk ditunda pertandingannya,” kata Ibrahim usai apel pasukan pengamanan di Stadion GBLA, Jawa Barat, Minggu (2/10/2022).

Dia mengatakan pihaknya beserta seluruh personel yang melakukan pengamanan turut belasungkawa atas peristiwa yang merenggut nyawa ratusan suporter di Malang, Jawa Timur.

“Di mana pada prinsipnya kami sudah siap pengamanan. Kami sekarang berada di GBLA untuk persiapkan pengamanan Persib-Persija,” katanya.

Kerusuhan terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu malam (1/10/2022). Ribuan suporter Aremania merangsek masuk ke area lapangan setelah Arema FC kalah dari Persebaya dengan skor 2-3.

Pemain Persebaya langsung meninggalkan lapangan dan Stadion Kanjuruhan menggunakan empat mobil Polri, barracuda.

Kerusuhan tersebut makin membesar, sejumlah flare dilemparkan, termasuk benda-benda lainnya. Petugas keamanan gabungan dari kepolisian berusaha menghalau para suporter tersebut dengan gas air mata.

Sedikitnya 129 orang dilaporkan tewas dalam tragedi berdarah ini. Sebanyak 180 orang lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan